Memberi dan Menerima Kritik di Tempat Kerja

0
468

MediaKALLA.co.id – Kritik memang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan kita, namun bagi penerimanya, kritik bisa menyebabkan emosi negatif yang tidak diinginkan. Bagaimana cara untuk mencegah emosi negatif tersebut merusak suasana di tempat kerja? Berikut cara-cara yang bisa dipraktekkan:

Untuk pemberi kritik:

  1. Pilihlah waktu dan kondisi emosi yang tepat.
  2. Gunakan bahasa tubuh dan nada suara yang bersahabat.
  3. Utarakan secara spesifik. Semakin spesifik masukan Anda, maka semakin bisa mudah dijalankan oleh orang tersebut. Berfokuslah pada pokok-pokok objektif dan bukan pendapat Anda.
  4. Berikan alasan yang logis dari setiap kritikan dan saran yang kita sampaikan, agar dia bisa mengerti dan menerima kritik dan saran kita.
  5. Selipkan kritik di antara pujian. Mulai dengan menyebutkan hal positif untuk menunjukkan bahwa kita berada di pihaknya, kemudian di akhir ulangi lagi komentar-komentar positif yang Anda bicarakan pertama kali dan juga utarakan hasil positif yang bisa terjadi jika kritik dipertimbangkan dan dilakukan.

Untuk penerima kritik:

  1. Tetap tenang. Dengarkan apa yang dikatakan orang lain dan ambil sedikit waktu sebelum bereaksi dengan cara apapun. Tarik napas dalam-dalam dan tenangkan diri. Dengan demikian, Anda bisa melihat sesuatu dengan lebih jelas dan menerima kritik dengan lapang dada.
  2. Bersikap positif, ingatlah bahwa setiap kritik dan saran dapat membantu anda berkembang.
  3. Jangan bersikap defensif, fokus pada apa yang dikatakan, percayalah bahwa pemberi kritik hanya ingin membantu Anda meningkatkan pekerjaan.
  4. Akui kesalahan Anda dan jangan menganggap kritik sebagai bentuk kegagalan namun sebagai jalan untuk menjadi yang terbaik.
  5. Jangan menyimpan dendam, merespon dengan marah atau kesal dapat mempengaruhi performa pekerjaan Anda di masa depan dan berdampak buruk pada lingkungan kerja.

Penulis : Dion Muflia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − 12 =