Membangun Karir dengan Ketulusan Hati

0
637

MediaKALLA.com – Dalam suatu episode ON THE SPOT  pada acara TV 7 kita menyaksikan beberapa orang dapat bersahabat dengan binatang buas, seperti buaya, Singa, Macan Tutul (Cheetah), yang dimulai dengan orang tersebut memberikan bantuan atau perhatian yang tulus terhadap binatang yang sementara terluka, atau mendapat kesulitan sehingga binatang tersebut merasa dekat dan tidak buas atau menyerang orang tersebut, bahkan binatang tersebut sangat jinak dan bersahabat.

Bayangkan jika binatang buas seperti buaya, singa, ataupun cheetah dapat jinak dan bersahabat dengan orang yang membantu dan memberikan perhatian tulus, padahal binatang tersebut hanya diberi nafsu dan naluri, apakah bisa tidak mungkin seorang manusia membuat manusia lain berteman atau bersahabat dan bersatu untuk mencapai tujuan padahal manusia diberi akal dan pikiran.

Dalam membangun karier dalam suatu perusahaan seseorang harus bertekad untuk berbuat baik dan menujukkan ketulusan hati kepada orang lain, karena dari cerita diatas seseorang dapat mempelajari bahwa orang tersebut harus terlebih dahulu menunjukkan ketulusan hati, maka orang lain pasti akan membalasnya dengan ketulusan hati juga (Sambil berguran kita dapat berkata, jika demikian saja tidak bisa, maka kita lebih rendah atau kalah dari binatang).  Olehnya itu seorang karyawan yang akan meniti karier diperusahaan, orang tersebut akan berbaik hati kepada orang lain. Pertama-tama dengan selalu menganggap orang lain berniat baik, kemudian bersikap tulus, sering kali suka menolong orang lain / bawahannya, tidak berhati sempit dan mengingat kesalahan-kesalahan kecil orang lain. Oleh karena itu setiap tahunnya orang ini selalu naik jabatannya, promosinya cepat sekali, dan yang paling penting adalah orang tersebut setiap hari melewati proses kerjanya / kehidupannya dengan sangat gembira, katanya orang yang membantu orang lain adalah lebih gembira dibandingkan dengan orang yang menerima bantuan.

Orang yang tidak pernah jatuh adalah biasa. Tetapi orang yang setiap kali jatuh dan mampu bangun kembali, itu baru luar biasa”  Lamar Boschman.

Seseorang yang membangun karier dengan ketulusan hati akan senantiasa membangun tim work yang solid dan sinergi, sehingga orang tersebut akan berusaha membantu bawahannya untuk mencapai target – target bawahannya dan berusaha pula untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan bawahannya.

Seorang PEMIMPIN  yang BERHASIL bukanlah orang yang mencapai Finish lebih dulu, tetapi yang berhasil  membawa timnya FINISH BERSAMA”

[author ]Muh. Jabbar Jafar | Kordinator HSE PT. Bumi Karsa[/author]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.