Martabat Anak dan Perempuan Wajib Dihormati

0
631

MediaKALLA.com – Wakil Presiden RI 2004-2009 Jusuf Kalla menyatakan program perlindungan anak dan perempuan perlu diprioritaskan demi kepentingan bangsa. Kesadaran tentang gerakan antikekerasan terhadap anak dan perempuan saat ini pun kian masif.

“Martabat anak dan perempuan wajib dihormati. Memang saat ini masih ditemukan adanya kasus-kasus kekerasan baik fisik maupun psikis dan itu harus dihentikan,” kata Jusuf Kalla.

Menurut Ketua Umum PMI tersebut, Indonesia telah memiliki Undang-undang Anti Kekerasan dalam Rumah Tangga. Sehingga, anak dan perempuan memiliki payung hukum yang kuat. Sayangnya, perilaku dan perspektif masyarakat terhadap martabat anak dan perempuan belum semuanya sama. Kesetaraan hak yang dimiliki anak dan perempuan kerap kali belum diakui.

Puluhan tahun lampau, JK melanjutkan, orang tua bisa bertindak apa pun terhadap anak. Berbeda dengan situasi sekarang ini. Orang tua, guru, maupun wali anak yang berperilaku melampaui batas kewajaran bisa dilaporkan ke polisi, “Dulu biasa-biasa saja guru pukul murid. Dan orang tua bisa buat apa saja,” ujarnya.

Kasus dugaan adanya tindak kekerasan yang menimpa sejumlah anak di sebuah panti asuhan menjadi sorotan masyarakat. Sejumlah anak yang tinggal di panti asuhan mengaku pernah mengalami kekerasan fisik. Selain itu, seorang bayi yang pernah tinggal di tempat itu pun meninggal dunia tanpa alasan medis yang jelas.

JK menambahkan persoalan ketimpangan gender pun semakin sempit. Perempuan dan lelaki memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan dan berkarir. “Sudah banyak kemajuan di Indonesia. Sudah banyak pejabat, menteri perempuan. Bahkan, ada presiden perempuan,” katanya.

Sumber Naskah/foto ; jusufkalla.info

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.