Lagi, SMA 21 Makassar Loloskan Proposal di Ajang Toyota Eco Youth

0
690

MediaKALLA.co.id – Toyota Eco Youth (TEY) kini sudah memasuki tahun ke-10. Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2005, hingga saat ini tercatat total 5.000 proposal yang masuk ke panitia dengan melibatkan sekitar 1.400 sekolah di seluruh wilayah Indonesia.

Tahun ini, SMA Negeri 21 Makassar kembali sukses meloloskan proposal mereka untuk kategori science yang berjudul Plasmulator (Plasma Generator). Plasmulator ini adalah sebuah alat yang berfungsi mengurangi gas emisi pada kendaraan bermotor. Dari hasil rancangannya alat tersebut dipasang di kenalpot motor. Proposal yang dibuat Dewi Pitaloka Puspitasari dan Widya Febriyanti akan bersaing dengan 24 proposal lainnya dari 12 sekolah dari Jawa dan Bali, tujuh sekolah dari Sumatera, dua sekolah dari Kalimantan, dua sekolah dari Papua dan satu sekolah lainnya berasal dari Manado, Sulawesi Utara.

Selasa, 1 November 2016, dewan juri TEY mengunjungi Toyota Eco Youth Galery di SMA 21 Makassar guna mendengarkan pemaparan persentase dan melihat langsung cara kerja Plasmulator.

Kepala Sekolah SMAN 21 Makassar, Amrin Amri Spd Mpd mengatakan bahwa pihaknya selalu mendorong siswa-siswinya untuk melakukan penelitian ataupun gerakan-gerakan untuk lingkungan. “Sebagai wujud nyatanya adalah mulai tahun ini kami masukkan pelestarian lingkungan di kurikulum sekolah khususnya di muatan lokal,” sebutnya.

Sementara itu, General Manager Corporate Planning and Legal Division PT Toyota Astra Motor, Frans Ihutan Budianto sangat takjub dengan kepedulian anak muda akan isu lingkungan. “Terbukti pada TEY ke-10 ini jumlah proposal proyek lingkungan yang masuk sebanyak 2.543 proposal, atau naik 41% dibandingkan dengan TEY ke-9 sebanyak 1.709 proposal. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.