Korupsi akan Hilang

0
403

MediaKALLA.com – Indonesia kalau urusan korupsi ‘agak’ nomor satu. World Competitif News Report menunjukkan inovasi Indonesia tidak kalah dengan Jerman, tingkat produktifitas dari proses kreativitas dan berbagai aspek positif lainnya tidak beda dengan negara-negara di Eropa Barat.

Tapi begitu menyangkut tata kelola pemerintahan kita itu sejajar dengan negara-negara di Afrika. ” Suap-menyuap, kejahatan terorganisasi, penegak hukum tutup mata, pejabat korupsi adalah contohnya, ” Sebut Anies Baswedan.

Rektor Universitas Paramadina tersebut percaya jika beberapa dekade mendatang korupsi akan musnah, meski tak seratus persen. Ia memandang korupsi ini seperti perbudakan dan rasisme. ” Ada masa di dalam perjalanan peradaban manusia dimana perbudakan itu dilegalkan tapi hari ini, kalau ada orang yang melakukan perbudakan tentu akal sehat kita tidak bisa menerima, ” terangnya.

Seratus tahun lalu jual beli manusia masih normal dan hal yang wajar, sekarang sudah tidak masuk akal lagi. Korupsi pun demikian, dahulu korupsi dianggap normal, sekarang sudah masuk ke masa transisi dimana sebagai menganggap masih normal dan sebagian lagi sudah menganggap hal itu tidak wajar. ” Anak cucu kita tidak akan pernah bangga dengan orang tuanya yang terlibat korupsi, ” tegasnya.

Anies berpendapat bahwa keluarga menjadi pilar utama dalam menjaga integritas dan menghindarkan diri dari tindak korupsi. Rata-rata pelaku korupsi menyimpan hasil pencucian uangnya di rekening istri, anak, saudara maupun keluarga terdekat lainnya. ” Ada baiknya jika suami atau istri kita memberi atau memiliki uang yang tidak seperti biasanya dipertanyakan sumber dan kehalalan uang tersebut, ” sarannya. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × three =