Kaum Dhuafa Diajari Membuat Susu

0
414

MediaKALLA.com – Yayasan Kalla bekerjasama dengan Pondok Pesantren Al Markaz Al Islami, memberikan pendidikan keterampilan bagi kaum dhuafa.

DSCF3968Pelatihan life skill untuk kaum dhuafa ini melibatkan 30 santri pesantren Al Markaz Al Islami yang dilaksanakan  di Masjid  Al Markas, Sabtu-Ahad, 15 Juni. Melalui pelatihan ini, peserta diajarkan bagaimana cara membuat  susu kedelai dan abon  nangka  muda.

Pimpinan pondok pesantren Al Markaz Al Islami, Masykur Yusuf, mengatakan, para santri yang belajar  di pesantren ini umumnya kaum dhuafa yang harus diberikan pelatihan keterampilan agar kelak mereka tidak menganggur detelah tamat sekolah.

“Kami menginginkan para santri tidak ada yang meninggalkan pesantren sebelum memiliki keterampilan tersendiri, dengan demikian, kelak mereka bisa memiliki usaha sendiri dan bisa mandiri,” ungkapnya.

Masykur mengatakan, para santri ini diharapkan menjadi ahli dalam bidang tertentu setelah mendapat pelatihan, “Pada dasarnya kan mereka ini masyarakat pra sejahtera, sehingga visi  misi pesantren bagaimana memberdayakan mereka, kita berikan pelatihan  keterampilan agar nantinya dia bisa dipekerjakan atau buat usaha sendiri,” jelasnya.

Pihak Yayasan Kalla selaku donatur pendanaan  kegiatan ini,  Asnawi Makkatutu, mengatakan, Yayasan  Kalla siap membantu setiap kegiatan yang mendukung keterampilan santri yang merupakan kaum dhuafa.

Jika para santri sudah memiliki keterampilan, kata dia, maka tidak ada lagi diantara mereka yang menganggur, bahkan mereka bisa menjadi pengusaha muda.

Menurutnya, banyak pemuda saat ini menganggur karena tidak  punya keterampilan, makanya sambung dia, melalui kegiatan life skill ini, Yayasan Kalla akan terus mendukung sampai mereka terampil.

“Kita sudah membina 25  TPA dan Panti Asuhan, sebagaian keuntungan dari perusahaan Kalla Group ini akan disalurkan karena ada hak mereka disitu, kita ingin mereka memberi contoh kepada pengusaha yang lain agar mengikuti jejak Kalla Group dalam hal pembinaan kaum dhuafa,” ungkapnya.

Asnawi mengatakan, Yayasan Kalla fokus pada 4 program diantaranya Kalla Educare yang sifatnya mengedukasi seperti pembinaan kualitas  pendidikan, Islamic care dalam bentuk bantuan panti asuhan dan kaum dhuafa, community care dalam bentuk korban bencana, serta Green Care dalam bentuk penghijauan dan kebersihan lingkungan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − one =