Karya Cipta Mahasiswa Penerima Beasiswa Kalla Dipamerkan di MaRI

0
808

MediaKALLA.co.id – Pameran karya cipta mahasiswa penerima beasiswa Kalla digelar di Mall Ratu Indah (MaRI) Makassar. Sebanyak 10 produk teknologi dan sejumlah hasil olahan pangan organik yang terbuat dari bahan lokal seperti tepung, sirup markisa, bawang merah organik, coklat dan kopi hasil binaan petani Desa Bangkit Sejahtera.

Yayasan Kalla menggelar kompetisi inovasi mahasiswa sebagai bagian dari program Educare dan sarana bagi mereka yang memiliki karya dan kreativitas dibidang teknologi ataupun berupa alat yang bisa bermanfaat untuk masyarakat. Produk teknologi yang dipamerkan antara lain mesin saringan air, biogas, pembangkit listrik tenaga flywheel, dan mesin pasta coklat.

Para peserta pameran, sebelumnya telah diseleksi ketat, hingga tersisa 10 peserta dari hasil seleksi penerima beasiswa tugas akhir Yayasan Kalla. “Peserta yang diseleksi dari beberapa kampus yakni Politeknik Negeri Ujungpandang, Poltekes Makassar, Fakultas Pertanian Unhas, UIN Alauddin dan STIE IPUP Makassar,” sebut Ali Syahbana, penanggungjawab kegiatan.

Koordinator Educare Yayasan Kalla, Syamril saat membuka acara menyampaikan bahwa berawal dari statement Pak JK terkait skripsi mahasiswa yang mengalami RIP “Rest in Paper” serta banyaknya penelitian yang hanya tinggal kertas setelah melewati jenjang perkuliahan dan tidak bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. “Hal ini yang membuat tim Yayasan Kalla mengusung program beasiswa tugas akhir agar hasil penelitian bisa berguna bagi masyarakat umum,” ujarnya.

Pameran akan berlangsung selama 5 hari, Rabu-Ahad, 14-19 Oktober 2016. Selain itu tim Yayasan Kalla juga menggelar pameran foto terkait aktivitas sosial yang telah dijalankan selama beberapa tahun ini. Ada beberapa kategori penilaian, yakni keunikan teknologi/produk, manfaat produk untuk masyarakat, kemampuan peserta dalam mempresentasikan hasil produk, serta penampilan dan penataan produk selama pameran. [Kiky Rezkynawati]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.