Kalla Trip for Student 2012: “Kunjungan Industri Mahasiswa(i) AKPAR Makassar ke Wisma Kalla.”

0
1471

Makassar- Mahasiswa Administrasi Perhotelan dan dosen Akademi Pariwisata (AKPAR) Makassar melakukan kunjungan industri (field trip) ke Wisma Kalla, Jumat (13/4). Mereka mengunjungi sejumlah unit yang ada di gedung berlantai 14 itu. Diantaranya Restaurant Djuku, Saoraja Ballroom, Fitness Centre, Warung Kuliner dan Head Office PT. Kalla Inti Karsa yang menangani manajemen Wisma Kalla. Rombongan diterima oleh Branch Manager Wisma Kalla, Aswan Sumange. Dalam kesempatan ini Aswan Sumange memberikan wawasan mengenai orientasi building Wisma Kalla mulai dari sejarah dan proses pembangunan Wisma Kalla itu sendiri, sistem pengelolaan gedung, struktur organisasi pengurus gedung, dan pengenalan sistem pelayanan yang diterapkan di Wisma Kalla. Mahasiswa(i) tersebut juga diberikan kesempatan untuk berkeliling gedung dengan berkunjung ke lantai 2 di Saoraja Ballroom, lantai 3 di fitness centre, lantai 4 di warung kuliner, lantai 10 untuk melihat suasana ruangan perkantoran, dan lantai 14 dimana Pak JK biasa berkantor dan menyaksikan view kota Makassar dari puncak gedung.

Chef Restauran Djuku, Irvan juga menyempatkan waktunya untuk mendemokan keahliannya didepan 50-an mahasiswa Akpar dalam cooking class Djuku. Kali ini Chef menggabungkan komposisi masakan Italia dan Makassar, “Ada tiga masakan yang saya demokan disini diracik dengan fushion Western dan Makassar yaitu Italian Minestrole Soup, ini masakan Italia dengan campuran asam khas Makassar, kemudian Salmon Couillibiac dengan seledri dan daun jeruk dan terakhir Go Green, minuman yang dibuat dari brokoli, jambu, jeruk, jeruk nipis dan madu. Semuanya adalah ide saya sendiri.” Jelas Irvan.

Restaurant Djuku, menurut Irvan berbeda dengan restaurant lain sebab konsep utamanya adalah healthy food (masakan sehat), “Kami ingin mendidik customer untuk mengkonsumsi masakan sehat sehingga yang kami sajikan adalah masakan tanpa monosodium glutamat dan tanpa minyak.” tandas Irvan.

Kepala Humas Akpar, Kemal Akbar mengatakan dipilihnya Wisma Kalla dan Djuku sebagai tujuan kunjungan industry tidak lain karena Djuku adalah restaurant yang mempunyai konsep yang berbeda dari restaurant lainnya, “Djuku itu restaurant yang sedang berkembang di kota Makassar selain itu Djuku bersedia menampung alumni dan mahasiswa kami yang sedang training.”jelasnya.

Lucky Ardiyatna, mahasiswa Akpar asal Bandung ini mengungapkan kekagumannya dengan konsep gedung Wisma Kalla dan masakan sehat Restaurant Djuku, “Hal hal yang dipresentasikan sangat memotivasi saya untuk segera bergelut di bidang restaurant dan perhotelan. Sangat luar biasa.”tuturnya.

Dosen Akpar Makassar, Murdiyani Sukarni menambahkan, semua yang ingin dipelajari mahasiswanya ada di gedung ini dari manajemen restaurant dan gedung sampai manajemen sanitasinya, “Saya melihat aspek hospitality di gedung ini cukup bagus, fasilitasnya  sangat lengkap dan semua yang kami ingin pelajari dalam building management ada disini.” Pungkas ketua program field trip Akpar ini.

Kedepannya, pihaknya ingin mengembangkan kerjasama yang lebih luas lagi dengan pihak manajemen Wisma Kalla, “Kerjasama  yang kami capai selama ini adalah selain  kunjungan industri tiap semester seperti ini, kami berupaya alumni alumni kami bisa bekerja pada perusahaan Kalla group di bidang hospitality.” Tambahnya. [mk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 9 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.