Nilai-nilai Kalla

 

 

Nilai-nilai Kalla (The Kalla Way)

Keberadaan Kalla Group dan kemajuan yang dicapainya tidak dapat dipisahkan dari teladan dan nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh pendirinya Hadji Kalla dan Hadjah Athirah. Generasi kedua yang dimotori oleh bapak JK terbukti mampu menjadi tradisi baik dan nilai-nilai luhur yang diteladankan Hadji Kalla dan Hadjah Athirah seperti kejujuran, kesederhanaan, kekeluargaan, kebersamaan, kedermawanan, tegas, disiplin, dan sebagainya. Nilai-nilai luhur ini atau yang dalam ilmu manajemen disebut core values terbukti mampu membuat perusahaan tetap bertahan dan mampu berkembang ke arah yang menggembirakan. Kata kuncinya adalah kerja adalah ibadah dan terus maju untuk kepentingan bersama. Nilai-nilai ini kemudian diturunkan menjadi empat nilai utama Kalla Group yaitu:

(1) Kerja adalah ibadah,

(2) Aktif Bersama,

(3) Lebih cepat lebih baik, dan

(4) Apresiasi pelanggan.

 

Nilai-nilai Perusahaan

I. Kerja adalah Ibadah

Insan Kalla dalam bekerja dan berbisnis melakukan dengan:

    1. Tauhid yaitu bekerja dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT sebagaimana tujuan penciptaan manusia.
    2. Memegang amanah yang diemban sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
    3. Ikhlas yaitu berniat untuk mendapatkan ridha Allah SWT semata.
    4. Adil yaitu memberikan hak setiap pihak sesuai dengan kontribusinya.
    5. Istiqomah dalam bertindak sehingga memudahkan para pihak untuk bekerjasama.

II. Aktif Bersama

Insan Kalla senantiasa mengutamakan kebersamaan dalam mencapai visi dan misi perusahaan, dengan :

    1. Menjunjung tinggi nilai kekeluargaan yaitu memperlakukan setiap insan Kalla sebagai suatu keluarga yang harmonis;
    2. Sipatuo yaitu membangun silaturrahmi yang baik dalam bekerja dan menjalankan bisnis, dan sipatokkong yaitu saling mendukung dan saling menguatkan.


III. Lebih Cepat Lebih Baik

Untuk menjadi kelompok usaha yang unggul, Insan Kalla senantiasa berusaha bekerja lebih cepat dan berkarya lebih baik, dengan cara:

    1. Inovatif yaitu menghasilkan produk, metode dan cara-cara baru serta solutif yaitu berupaya mencari solusi atas berbagai persoalan dan kendala yang dihadapi;
    2. Efektif yaitu melakukan sesuatu yang benar sesuai dengan visi dan misi perusahaan serta Efisien yaitu melakukan sesuatu secara benar sehingga tidak terjadi pemborosan.

IV.  Apreasiasi pada Pelanggan

Insan Kalla memberikan apresiasi kepada setiap pelanggan, baik pelanggan internal (sesama karyawan, atasan dan bawahan) maupun pelanggan eksternal (pembeli dan mitra kerja). Apresiasi terhadap pelanggan ini dilakuan dengan:

    1. Maju Bersama (Growing up Together)
    2. Memahami pelanggan (Sipakatau), dan menghargai pelanggan (Sipakalebbi).


*(mk)