Kalla Group Segera Launching Produk Bata Ringan (Kalla Block)

9
1871
Pabrik Bata Ringan (Kalla Block)
Pabrik Bata Ringan (Kalla Block)

MediaKalla.Com – PT. Bumi Sarana Beton, salah satu anak perusahaan Kalla Group yang bergerak di bidang bisnis construction and property akan segera mengeluarkan produk bata ringan ke pasaran. Bata ringan (light brick), menurut Manajer Operasional, Budi Harsima produk ini adalah bahan bangunan yang pertama kali diproduksi di Kawasan Timur Indonesia yang berlokasi di Kawasan Industri Makassar, Daya, “Bata ringan ini mulanya hanya di produksi di Jabotadebek dan Jawa Timur. Karena kami melihat potensi permintaan yang cukup tinggi Makassar dengan pembangunannya yang pesat, maka kami membangun pabrik bata ringan ini dengan nama Kalla Block.” kata Budi dalam sebuah wawancara di Pabrik Bata Ringan Kima Daya, Selasa(25/4/2012).

Bata ringan, menurut Budi memiliki banyak keunggulan dibandingkan bata merah, “Bata ringan itu ukurannya terstandarisasi dan beratnya ringan sehingga hanya membutuhkan sedikit plester dan  pengerjaannya lebih cepat dibandingkan bata merah sehingga menghemat material dan upah tukang batu.” Kata Budi. Budi menambahkan bata ringan memiliki komposisi yang berpori sehingga dapat menyerap panas dan meredam suara, “Bata ringan ini mirip batu apung, namun jangan diragukan soal ketahanannya, batu ringan ini tahan gempa sebab sifatnya yang kuat dan elastis” tandas Budi.

Pak Budi foto bersama dengan tim pengelola pabrik

Lebih jauh, Budi menambahkan bata ringan sangat ramah lingkungan dibandingkan bata merah, “Kalau bata merah bisa jadi dibuat dari tanah produktif yang mengandung humus, sedangkan bata ringan ini dibuat dari semen, pasir silika, gypsum, kapur dan aluminium pasta. Sangat sesuai dengan program Go Green yang saat ini digalakkan pemerintah.” urai Budi.

Dengan keunggulan keunggulan ini, Budi meyakini bata ringan akan laku dipasaran menggantikan bata merah, “Kami melihat pembangunan gedung gedung tinggi maupun perumahan di Makassar dan sekitarnya sangat pesat. Ini sebuah prospek yang bagus  yang didukung oleh culture masyarakat Sul Sel  yang sangat respon dengan sesuatu yang baru.” tandasnya. Untuk mempromosikan bata ringan ini, Kalla Block akan menggandeng kontraktor skala besar, berpatisipasi dalam pameran perumahan dan melakukan training untuk tukang batu.

Saat ini, Kalla Block sedang fokus merampungkan pembangunan pabrik bata ringan. Pabrik yang berdiri diatas lahan satu setengah hektar itu mempekerjakan beberapa teknisi dari Cina yang dibantu sekitar 50 orang teknisi lokal, “Mesin mesinnya seperti alat pencampur dan penghalus bahan, pouring dan auto cliff kami datangkan dari China tapi menggunakan teknologi Jerman. Rencana sekitar bulan Juni pabrik bata ringan ini sudah rampung dan mulai berpoduksi dalam jumlah besar.”kata Budi.

Tidak seperti bata merah, penjualan bata ringan ini akan dikemas dalam bentuk valet atau karung semen dengan minimal pembelian 10, 76 m3 atau sama dengan satu truk, “Pembelian kurang dari satu truk bisa dilakukan di toko bahan bangunan yang akan menjadi distributor kami.” Tutup Budi. [mk]

Sekilas foto proses produksi Bata Ringan Kalla Block.

[nggallery id=36]

9 COMMENTS

  1. Dear Bumi Sarana Beton,

    Selamat untuk pendirian pabrik Bata Ringan AAC – Kalla Block,
    Untuk masukan dan koreksi
    Images 3 , 4 adalah Curing Room ( ruang reaksi pengembangan )
    Images 5, adalah cutting mesin ( mesin pemotong horisontal dan vertical)
    Images 8, adalah Autoclave untuk proses reaksi pengerasan.

    Salam
    Frangky

  2. kalau bisa untuk lebih menjangkau rakyat kecil kalla group juga bisa membangun usaha – saha yang mungkin lebih beriorentasi untuk pemberdayaan generasi muda yang mungkin punya segudang bakat dan skil dalam berwiraswasta tetapi terkendala pada sisi permodalan,,,,,atas lebiih kurangnya mohon di maafkan..trima kasih.

  3. Pak,
    saya mau Nanya ni,
    sdh ada tidak, agennya di toraja? kalau belum ada, misalnya saya beli bata ringan 12 m3 bisa tidak di antar ke toraja?, soalnya saya sedang membangun rumah dan saya tertarik untuk menggunakan bata ringan.
    sebab informasi dari teman saya yg sedang membangun juga, menggunakan bata ringan sangat praktis dan lebih cepat pengerjaannya daripada menggunakan batubata biasa.
    mohon infonya.

    salam

    Agus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.