Kalla Group Percayakan Bank BRI dan Mandiri Kelolah Dana Pensiun Karyawan

0
391

MediaKALLA.com – Kelompok bisnis Kalla mempercayakan kepada Bank BRI dan Mandiri untuk mengelolah dana pensiun karyawan. Selain dana pensiun, kedua bank nasional itu juga bakal mengelolah dana pesangon karyawan Kalla Group. Penandatanganan kesepahaman antara Kalla Group bersama Mandiri dan BRI berlangsung pada Kamis, 4 September 2014 di Ballroom Wisma Kalla.

Melalui unit bisnis Dana Pensiunan Lembaga Keuangan (DPLK) kedua bank ini akan mengelola program Pensiunan Iuran Pasti (PPIP) dan Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP). Pada tahap awal,  sebanyak 12 perusahaan di bawah naungan Kalla Group didaftarkan dalam kepesertaan DPLK Mandiri dan BRI. Tahun ini, sekitar 300 karyawan yang bakal pensiun dari dari total 6.000 an karyawan Kalla Group yang masih aktif bekerja di sejumlah anak perusahaan.

Presiden Direktur Kalla Group, Fatimah Kalla menceritakan bahwa pada awalnya Kalla Group menjajaki 12 DPLK. Namun, setelah melalui proses seleksi dan pertimbangan dari komite etik maka dipilihlah Bank BRI dan Mandiri. ” Sebelumnya dana pensiun dan pesangon kami kelolah sendiri, tapi agar lebih aman dan dikelolah secara profesional maka kita percayakan kepada lembaga yang berpengalaman dan profesional, ” katanya.

Fatimah menuturkan bahwa bagi Kalla Group karyawan merupakan aset yang paling utama. Olehnya itu mesti mendapatkan perhatian penuh utamanya dalam hal kesejahteraan. Salah satu caranya dengan memberikan kepastian akan uang pensiun dan pesangon. Jadi karyawan tidak perlu lagi cemas akan masa depannya kelak, cukup bekerja serius dan memberikan kontribusi terbaiknya bagi kemajuan perusahaan. ” Pengelolaan dana pensiun dan pesangon melalui DPLK ini diharapkan pula akan meningkatkan image positif Kalla Group di mata stakeholder, ” harapnya.

Direktur Sepervisi DPLK Bank Mandiri, Abdul Rahman mengapresiasi langkah yang dilakukan Kalla Group tersebut. Dirinya mengapresiasi kepercayaan yang diberikan kepada Bank Mandiri untuk mengelolah dana pensiun dan pesangon ini. ” Kami sudah berpengalaman mengelolah dana seperti ini, jadi tak salah jika Kalla Group mempercayakan kami, ” ujarnya.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dihadiri pla oleh Direktur Keuangan Kalla Group, Imelda Jusuf Kalla, sejumlah direksi Kalla Group, Direktur DPLK BRI, Sulaiman Arif Arianto, Pemimpin Wilayah BRI Makassar, Kuswiyoto, Pemimpin Wilayah X Bank Mandiri, Purnomo Condro Akoso dan Aktuaris PT. Dayamandiri Konsulindo, Steven Tanner. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + fifteen =