Kalla Group Menuju Corporate Global Champion

0
631

MediaKALLA.com – Perkembangan arus globalisasi yang terjadi saat ini sangat pesat. Terjadinya peran pasar bebas dimana semua baik orang secara individu atau  organisasi, maupun negara berlomba-lomba ingin menjadi global champion disemua aspek. Sehingga suka atau tidak suka, siap atau tidak siap kita harus menghadapi arus global tersebut. Maka berlakulah hukum (dimatikan atau mematikan ),hancur atau tetap bertahan,dimana pada persaingan tersebut tidak lagi melihat suatu aspek kemanusiaan,aspek budaya,aspek keagamaan sekaligus atau aspek lainnya.

Fenemona di atas  memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi kita sekalian, bahwa inilah sebuah zaman yang harus kita lalui dan wajib kita lewati dengan sebuah kemenangan. Tantangan zaman inilah harus kita tundukkan dengan potensi-potensi  yang kita miliki, baik itu potensi individu, potensi organisasi, atau potensi bernegara.

Kalla Group sebuah perusahan lokal yang cikal bakal idenya muncul dari seorang Bapak yang bernama Hadji Kalla yang konon kabarnya hanya mengenyang pendidikan setingkat SD disuatu kampung bernama Bukaka, Kabupaten Bone. Kira-kira jarak  ± 300 km dari kota Makassar, dimana Makassar sekarang merupakan tempat berdirinya kantor pusat operasional Kalla Group.

Seiring pertumbuhan Kalla Group dari tahun ke tahun semakin pesat, dan adanya era globalisasi terbuka menuntut manajemen untuk menjadikan Kallla Group pada posisi mempertahankan bisnisnya. Namun dalam posisi bertahan tidaklah cukup dengan tehnik bertahan saja, tapi perlu memiliki spirit global champion. Menurut Hermawan Kertajaya untuk menjadikan corporate global champion, sebuah perusahaan haruslah memiliki: brand management, product management dan customer management.

Memiliki program-program yang unggul pada setiap proses bisnis salah satu diantaranya yang dapat mengantarkan sebuah corporate local bisa menuju global champion. Program yg unggul, berfikir positif, memiliki standar kerja yang tinggi, inisiatif tinggi dan tindakan yang terukur, fokus pada tujuan (individu, organisasi, negara), serta selalu ingin belajar dan kemauan ingin berubah, maka itulah sejatinya global champion. Kalau bukan hari ini jadi pemenang maka tunggulah matahari terbit dari timur, kalau bukan besok pasti hari berikutnya Anda akan merasakannya, demikian pula dengan Kalla Group dengan konsitensi menjalankan hal tersebut, pastinya meraih global champion yang dimulai dari di sendiri hanya menunggu waktu saja. Amin

[author image=”http://www.mediakalla.com/wp-content/uploads/2013/07/Untitled-1.jpg” ]Muchsin peabang PT. Hadji Kalla[/author]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven + ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.