Kalla Group Gelar Seminar Pengembangan Kepemimpinan Perusahaan

0
614

MEdiaKALLA.com – Dalam rangka HUT ke 61, kelompok bisnis Kalla menggelar kegiatan seminar pengembangan bisnis. Kegiatan yang dihadiri sekitar 400 peserta ini berlangsung di Saoraja Wisma Kalla, Senin, 2 Desember 2013. Seminar kali ini menghadirkan founder Quantum Business Leadership Center, Betti Alisjahbana. Ada empat topik utama yang dibahas dalam seminar yang bertemakan ‘Develop Great Business Leader’ yakni esensi kepemimpinan, tantangan bisnis masa sekarang, kreatif dalam mengambil keputusan dan pengembangan kepemimpinan.

Menurut Betti kepemimpinan bukan hanya tentang bagaimana mempengaruhi orang lain untuk sejalan dengan kita, tetapi merupakan suatu proses untuk membangkitkan semangat dan komitmen bersama serta mampu menemukan cara mencapai tujuan. ” Salah satu syarat yang harus dimiliki oleh pemimpin adalah bisa dipercaya. Membangun kepercayaan memerlukan kompetensi, koneksi dan karakter yang kuat, ” ujarnya.

Seorang pemimpin setidaknya memiliki kemampuan untuk membangun tim yang solid, mampu membagi tugas sesuai dengan kemampuan dan keahlian anggota timnya, membangun kemampuan anggotanya, mampu menjadi motivator dan memiliki kemampuan menciptakan visi. ” Pemimpin itu beda dengan manajemen, ” tegasnya.

Mantan Presiden Direktur PT IBM Indonesia ini merinci bahwa manajemen mementingkan proses sedangkan pemimpin mementingkan SDM, manajemen mengambil keputusan berdasarkan fakta sedangkan pemimpin berdasrakan perasaan, manajemen berdasar pada intelektual sementara pemimpin berdasar pada emosional, manajemen menggunakan head (akal) sedangkan pemimpin menggunakan heart (isi hati). ” Manajemen menggunakan kekuatan positif, mengontrol, reaktif, bertindak sesuai pemikiran, aturan tujuan dan standarisasi. Sedangkan pemimpin berdasarkan pendekatan persuasif, komitmen, pemikiran positif, proaktif, bertindak sesuai nilai-nilai, visi dan inovasi, ” bebernya.

Perempuan kelahiran Bandung, 2 Agustus 1960 menuturkan bahwa ada empat gaya kepemimpinan yang ada saat ini, pertama gaya komandan dimana segala keputusan dan tindakan tim harus sesuai dengan keinginan pemimpinnya. Gaya ini cocok jika perusahaan dalam keadaan genting. Kedua gaya pembimbingan, gaya ini dibutuhkan ketika tim kurang fokus/keahlian dan kurang pemahaman tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana seharusnya dilakukan. Ketiga yakni sebagai pendukung, dimana pemimpin hanya sebagai pendorong, membangun harmoni dan keseimbangan diantara anggota tim. ” Keempat yakni self organisation (tim yang mandiri), dimana disini tidak memerlukan pemimpin yang formal, tim ini membuat hampir semua keputusan sendiri. Setiap anggotanya dapat maju dan menjadi pemimpin di area/situasi tertentu. Anggota tim ini biasanya berkemampuan tinggi, berkomitmen dan mandiri, ” urainya.

Kegiatan seminar kali ini juga dirangkaikan dengan launching buku 50 Inspirasi Jalan Kalla Kerja Ibadah, yang dikarang oleh Syamril. (*)

Materi Develop Great Business Leaders

[azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.