Kalla Group Emerging Leadership Program

4
814

Jim Collins dalam bukunya Good to Great meneliti perusahaan-perusahaan besar yang dapat bertahan dan berkembang sampai ratusan tahun. Kesimpulannya perusahaan tersebut bisa bertahan karena leadership yang kuat dan kerendahhatian (humble) para pemimpinnya. Tentu hal ini perlu jadi perhatian bagi perusahaan yang juga ingin terus berkembang termasuk Kalla Group.

Menyadari pentingnya kepemimpinan ini dan bagaimana menyiapkan calon pemimpin sejak awal, Kalla Group menggulirkan program pengembangan kepemimpinan untuk level pemula yang diberi nama Emerging Leadership Program. Untuk Angkatan I program ini dimulai pada hari Senin 16 April 2012 dan diikuti oleh 82 peserta. Program ini dilakukan secara spesifik untuk melakukan pemetaan bakat dan kompetensi karyawan. Hasil pemetaan digunakan untuk melakukan pengembangan kompetensi. Dengan demikian diharapkan akan lahir kader-kader pemimpin yang memiliki potensi dan kompetensi unggul yang siap memimpin perusahaan di masa datang.

 

Program ini dirancang selesai di bulan Nopember melalui berbagai tahapan yaitu :

  1. Assessment pre evaluation. Pada tahap ini peserta mengikuti talents mapping, tes tertulis, psikotes dan wawancara kompetensi.
  2. Feedback, discussion and need analysis. Hasil assessment akan disampaikan ke peserta dan atasannya untuk didiskusikan dan dilakukan analisis kebutuhan pengembangan.
  3. In class training. Merupakan pembekalan awal dalam rangka pengembangan kompetensi sesuai hasil analisis kebutuhan.
  4. Project assignment, coaching and mentoring. Merupakan tindak lanjut pelatihan untuk memastikan kompetensi yang dipelajari di kelas diterapkan di perusahaan melalui penugasan, pendampingan dan mentoring oleh atasan.
  5. Evaluation. Hasil training dan tindaklanjutnya akan dievaluasi untuk memastikan adanya peningkatan kompetensi.
  6. Reward and recognition. Peserta yang mendapatkan hasil terbaik dalam peningkatan kompetensinya akan mendapatkan penghargaan dari perusahaan.

Keseluruhannya dapat digambarkan :

Kompetensi apa saja yang akan dikembangkan? Terdapat 3 jenis yaitu core, role and behavior yang kemudian dikelompokkan dalam tiga kategori yaitu Self Mastery, Business Mastery dan Leadership seperti gambar berikut :

Mengapa dimulai dengan Self Mastery? Prinsipnya adalah “Seseorang tidak akan bisa memimpin orang lain sebelum dia mampu memimpin dirinya sendiri“ (Arvan Pradiansyah) dan “Mengenali hal-hal lain adalah kecerdasan, mengenali dirimu sendiri adalah kearifan sejati. Menguasai orang lain adalah suatu kekuatan. Menguasai diri sendirilah yang merupakan kekuatan sejati” (Lao Tzu) serta “Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya” (Muhammad SAW).

*Syamril (Kalla Learning Center)

4 COMMENTS

  1. Bagus sekali program ini ……..tapi kami hanya berpendidikan SMA dan hanya staf senior …..apakah kami bisa ikut minimal untuk mengukur kemampuan diri sendiri …..

    • Untuk sementara program ini dari group diperuntukkan kepada bagian level supervisi ke atas, sedangkan pengembangan program tersebut ke karyawan akan dilaksanakan oleh bagian HRD dari masing-masing anak perusahaan. Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − fifteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.