Kalla Group Communication Forum Bahas Peran Penting PR di Era Digital

0
417

MediaKALLA.co.idKalla Group Communication Forum untuk kali ketiga digelar pada Kamis, 8 Juni 2017 di Camry Room Wisma Kalla lantai 12. Forum yang mempertemukan para Public Relatian dan Marketing anak perusaan Kalla Group rutin digelar sekali sebulan.

Pada pertemuan ketiga ini yang menjadi pokok pembahasan adalah agenda HUT ke-65 Kalla Group, sharing knowledge ‘Corcom Summit 2017’ dan cara membuat media monitoring report secara detil.

Corporate Communiction Section Head Kalla Group, Nadya Tyagita mengatakan bahwa corporate communication adalah bagian dari perusahaan yang mengatur hal-hal yang mencakup branding, public relations, hubungan internal antar karyawan, hubungan dengan investor, crisis management, reputation management, dan social responsibility. “Tujuan utama Corporate Communication adalah membuat sebuah brand menjadi Top of Mind atau nama yang menonjol dengan asosiasi positif dan dikenal baik oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Dengan berubahnya zaman, lanjutnya, maka bertambah pula saingan dan bergesernya kebiasaan masyarakat berkomunikasi dengan menggunakan gadget dan internet, cara-cara yang digunakan dalam corporate communication juga sedikit banyak berubah. “Suatu perusahaan tidak bisa lagi memasarkan produknya dan membangun reputasi hanya dengan memasang iklan atau melakukan hard-selling di koran, tv, atau radio,” kata Nadya.

Saat ini, di samping memanfaatkan media tradisional, perusahaan mulai beralih ke media online, baik website atau media sosial, untuk melakukan Digital PR.

Tujuan utama Digital PR adalah untuk menarik perhatian konsumen sehingga timbul minat untuk memakai produk perusahaan tersebut. Cara yang digunakan, selain memasang iklan di situs-situs online, yaitu dengan melakukan soft-selling –misalnya dengan media sosial untuk berdialog langsung dengan konsumen, bekerjasama dengan blogger untuk testimoni mereka, dan mengoptimalkan search engine seperti Google. Tentunya, sebelum memulai Digital PR, kita harus siap untuk menghadapi setiap krisis dan komplain dari pelanggan karena setiap langkah yang salah dapat menjadi viral dalam waktu cepat. Hasil dari Digital PR tidak dapat langsung terlihat dalam bentuk angka penjualan, namun akan berdampak dalam jangka waktu panjang untuk membangun base pelanggan setia dan reputasi perusahaan yang baik.

Sementara itu, materi terkait media monitoring report dipersentasekan oleh Ariani Eka Syafitri yang merupakan media relation PT Hadji Kalla. [Dion Muflia]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × one =