Kalla Group Bangun Pabrik Cokelat

3
772

Beroperasi Desember 2013, Investasi 350 M, Produksi 35 ribu ton/tahun.

MediaKALLA.com – Jika tak ada arah melintang, PT Kalla Kakao Industri (PT KKI) yang merupakan salah satu anak perusahaan Kalla Group akan beroperasi Desember 2013. PT KKI ini merupakan pabrik pengelolaan cokelat yang berlokasi di jalan poros bandara, Kabupaten Konawe Selatan, sulawesi Tenggara. Direktur Utama Kalla Group, Fatimah Kalla, Direktur PT KKI, Eky Amiruddin, Gubernur Sultra Nur Alam dan sejumlah muspida Sultra melakukan kunjungan ke lokasi pabrik tersebut, Selasa, 30 Juli 2013. Rombongan memantau langsung kesiapan pengoperasian pabrik tersebut.

Direktur PT KKI, Eky Amiruddin menjelaskan bahwa PT KKI merupakan investasi Kalla Group dengan nilai investasi Rp 350 M. ” Jika beroperasi, pabrik ini mampu mengolah biji besi 35 ribu ton/tahun. ” Mesin pengelolaan yang digunakan merupakan mesin-mesin dari Jerman dengan kualitas terbaik dan memenuhi standar internasional, ” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa bahan baku biji cokelat nantinya diperoleh dari petani cokelat di wilayah sulawesi. ” Pabrik ini sendiri sudah dalam tahap penyelesaian dan akan mulai berproduksi Desember mendatang. Hasil pengelolaan yang dihasilkan nantinya berupa bubuk coklat, coklat cair dan butter, ” paparnya.

Hasil pengelolaan PT KKI ini sebagian besar akan dikirim ke Timur Tengah,Australia, China, India, Eropa. ” Sudah ada pula beberapa perusahaan pengelolaan yang berminat untuk bekerjasama seperti Godiva, Nestle, Kraff dan Mars, ” beber Eky.

Sementara itu Gubernur Sultra, Nur Alam sangat mengapresiasi langkah Kalla Group membangun pabrik pengolahan cokelat yang pertama di Sultra tersebut. Ia berharap pabrik ini mampu menjadi ikon dan pionir bagi tumbuhnya industri agrobisnis di Sultra. ” Kami akan mendorong peningkatan hasil perkebunan cokelat di Sultra agar mampu mencukupi kebutuhan bahan baku yang dibutuhkan PT KKI, ” ucapnya. (*)

[azhar]

3 COMMENTS

  1. Sebagai Putra kelahiran SULTRA berdarah Bugis, sangat terkesan dengan dibangunnya pabrik pengolahan KAKAO di SULTRA. dengan demikian maka akan memaukan perekonomian daerah baik dari segi pengembangan hasil perkebunan uga dari segi pembangunan infrastruktur pendukung dan yang paling penting dan sangat kita harapkan dapat menyerap tenaga kerja di daerah. Kalau bisa dibuka informasi tentang perekrutan tenaga pekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen + 16 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.