“Kalla Group Alokasikan 15 Milyar untuk CSR Tahun 2012”

4
765

Fatimah Kalla sebagai Direktur Utama Kalla Group dan Ketua Yayasan Kalla mengatakan bahwa keberadaan Kalla Group harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu dapat dicapai secara langsung melalui melalui usaha-usaha bisnis yang dapat membuka lapangan pekerjaan, menggerakkan roda perekonomian, dan peningkatan kualitas kehidupan maupun melalui program pengembangan masyarakat (community development) melalui Corporate Social Responsibility.

Lebih lanjut Fatimah Kalla mengatakan pada tahun 2012 ini Kalla Group mengalokasikan dana CSR sebesar 15 M. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk program-program pengembangan masyarakat melalui 4 program yaitu :

  1. Islamic Care : program syi’ar dan dakwah keagamaan seperti bantuan pembangunan masjid, panti asuhan, pesantren, kajian dakwah, kegiatan ramadhan, paket lebaran dan sebagainya.
  2. Educare : program untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan kaum marginal dan keberlanjutan pendidikan pelajar dan mahasiswa dhuafa yang berpotensi. Kegiatan yang sedang berjalan seperti Beasiswa Penuh SMP SMA Islam Athirah Bone, beasiswa mahasiswa PTN Unggulan, Peduli Guru Honorer Swasta, Pondok Penghafal Al Qur’an, pembinaan karakter mahasiswa, Pendidikan Kader Ulama, dan sebagainya.
  3. Community Care : peningkatkan kualitas dan kemandirian kaum dhuafa untuk hidup secara layak melalui pembinaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), bantuan bencana dan musibah, bakti social dan sebagainya.
  4. Green Care : peningkatan kualitas lingkungan hidup melalui penghijauan aerial seeding (penaburan benih dari udara), penanaman pohon di poros jalan propinsi, penanaman terumbu karang, pengolahan sampah plastik dan sebagainya.

“Semoga melalui program tersebut menjadi kontribusi aktif, terjalin sinergi dan kepedulian dari Kalla Group pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kemajuan yang dicapai Kalla Group juga memajukan masyarakat sebagaimana motto “Maju Bersama” yang dicanangkan oleh Kalla Group menjelang ulang tahunnya yang ke 60.” Sambut Ibu Fatimah Kalla.

(mk)

 

4 COMMENTS

  1. maaf mau bertanya,, adakah program beasiswa bagi mahasiswa yang bukan berasal dari sulawesi selatan???
    terimakasih atas jwabnnya..

  2. Sebuah apresiasi yang sangat besar ditunjukkan oleh Yayasan Kalla terhadap lingkungan sekitar sebagia wujud pencapaian MDGs, namun tentu kiranya agar program tersebut menjadi lebih baik harus memperhatikan saran dari pihak luar. ada beberapapendapat yang mungkin bisa dilakukan oleh Yayasan Kalla Group ini sehingga kedepannya lebih bagus lagi diantaranya :
    1. Kegiatan yang masih bersifat voluntary oriented sehingga bisa menimbulkan rasa manja terhadap sasaran program
    2. Harus melibatkan pihak lua rdalam rangka pemberian bantuan, karena bisa saja ada daerah atau sasaran program yang bisa diketahui masyarakat luas yang kurang diketahui para tim stakeholders Yayasan Kalla Group ini
    3. Sosialisasidanpenggalangan dukungan harus terus dilakukan sehingga corporate lain bisa mengikuti jejak Yayasan Kalla Group
    4. Hendaknya program yang dilaksanakan tidak hanya proses penghabisan anggaran saja tapi berfunsi dengan baik bahkan ada evaluasi besaran dana yang terpakai, juga berkolaborasi dengan misi pemerintah sehingga tidak saling evorlaping.
    Atas perhatian dan pengertian, kami ucapkan terimah kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + 19 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.