Kader HMI Jadikan Hadji Kalla Tokoh Panutan Enterpreneur Muda

0
562

MediaKALLA.com – Sosok almarhum Hadji Kalla tidak hanya populer di kalangan penggiat dan praktisi ekonomi, namun juga dikalangan entrepreneur muda kampus. Setidaknya itulah yang menjadi alasan kader Himpunanan Mahasiswa Islam (HMI) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin menghadirkan perwakilan Kalla Group sebagai pembicara dalam Seminar Nasional Kewirausahaan. Kegiatan yang dipusatkan di Auditorium Prof. Amiruddin Unhas, Sabtu, 15 Februari 2014.

Seminar yang bertajuk “Spirit Enterpreneurial Muda untuk Indonesia Hebat ” ini selain menghadirkan perwakilan Kalla Group, juga dihadiri oleh Deputi Kementrian Koperasi dan UKM Bidang Pengkajian Produksi, I wayan Dipta, Ketua Umum Asosiasi Petani Rumput Laut Arman Arfah, Pakar Wirausaha dari IPB Prof. Dr. Ir. Alizum Mashar, dan owner Distro Chambers, Hardinansyah PS.

Syamril, Kepala Bidang SDM dan Learning Centre Kalla Group yang mewakili Kalla Group dalam pemaparannya mengatakan bahwa Kalla Group yang saat ini menjadi perusahaan multi nasional dan salah satu yang terbesar di Indonesia Timur dirintis oleh Pak Hadji Kalla dari usahanya yang sangat sederhana, “Beliau mengawali usahanya dengan ‘makkampilo’. Yakni berdagang dengan menunggangi kuda berkeliling dari satu kampung ke kampung lainnya menawarkan barang dagangan. Kemudian, beliau membeli lapak hingga kemudian memiliki sebuah kios yang diberi nama Toko Sederhana di Pasar Watampone. Usahanya mulai berkembang ketika Pak Hadji Kalla pindah ke Makassar lalu mendirikan NV Hadji Kalla, ” kata Syamril mengisahkan.

Alumni Jurusan Fisika ITB Bandung ini menambahkan Pak Hadji Kalla dalam mengawali dan menjalankan usaha dilandasi oleh spirit religius-spiritual yang kemudian dilanjutkan oleh Pak Jusuf Kalla, “Dalam Rapat Tahunan lalu di Bali, Pak JK mengatakan kalau hanya untuk menjadi kaya, tidak perlu menjadi pengusaha, cukup beli tanah saja. Namun beliau tidak mencari kekayaan belaka, lebih dari itu ingin memberi pekerjaan kepada banyak orang dan memberi kontribusi kepada masyarakat, itu niatan beliau ”

Pakar Wirausaha, Prof. Alizum Mashar turut memuji Hadji Kalla, “Pak Hadji Kalla misi sosialnya unlimited yakni memberi kemakmuran sebesar-besarnya diatas muka bumi. Inilah misi ibadah. Oleh nya itu sangat wajar jika Kalla Group tidak berhenti begitu saja ketika perusahaan telah mencapai keuntungan melainkan terus melakukan pengembangan dan pencapaian lainnya,” tandas akademisi IPB ini.

Seminar Kewirausahaan ini, menurut ketua formatur HMI Fak. Kedokteran Gigi, Try Febrianto, adalah upaya HMI dalam menjawab tantangan zaman khususnya bagi mahasiswa kedokteran gigi, “Menjadi dokter gigi membutuhkan kemampuan manajerial dan spirit berwirausaha ketika membuka praktek nanti,” tandasnya. [azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.