Jujur Tanda Orang Pintar

0
738

MediaKALLA.Com – Arung Matowa makkada ‘Eppa tanranna tau maccae, iyanaritu; malempui, makurang cai, maraddei rigau sitinajae, Makurang paui ri padanna tau.

Pesan Arung Matowa bila diterjemakan ke Bahasa Indonesia berbunyi, ciri-ciri orang pintar adalah jujur, mampu mengendalikan amarah, berbuatan yang sepantasnya dan mengurangi pembicaraan yang tidak bermanfaat. Kejujuran menjadi urutan pertama dari tanda-tanda orang yang pintar. Mengapa demikian? tak lain karena sifat jujur timbul dari hati yang bersih.

Arung Matowa juga berkata bahwa naiya ponna lempe duami puanggenggi; iapa napoadai kadopi’ molaiwi dan iapa tapogau’i kadopi’lewuriwi (sumber pokok kejuajuran ada dua yaitu baru dibicarakan jika bersedia melaksanakan dan baru dilaksanakan apabila bersedia mempertanggungjawabkan)

Dalam sebuah percakapan antara Kajao Laliddo dengan Arungpone
Arungpone; Aga Appongenna accae? (apa pangkal kepintaran?)
Kajao Laliddo; lempu (kejujuran).

Kajao pun menyerukan agar kita tidak mengambil tanaman yang bukan tanamanmu, jangan mengambil harta benda yang bukan harta bendamu, jangan mengeluarkan kerbau yang bukan kerbaumu, jangan mengabil kayu yang disandarkan, kalau bukan kamu yang sandarkan dan jangan mengambil kayu yang tertetak ujungnya kalu bukan kamu yang menetaknya.

Inti seruan di atas adalah jangan mengambil sesuatu yang bukan hakmu, menyerukan agar orang menghindari perbuatan yang tidak benar dan menyerukan untuk berbuat baik. Kepintaran berpangkal pada kejujuran semacam itu, yaitu keberanian menyerukan apa yang benar dan apa yang salah, karena hal ini merupakan kepintaran yang mendatangkan manfaat.

* Diolah dari Khutbah Jumat H. Idil Fitri Latief [Wisma Kalla, 25 Januari 2013]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − 19 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.