JK Kunjungi Pelabuhan Peti Kemas Makassar

0
516

MediaKALLA.co.id – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Sabtu, 16 Januari 2016 mengunjungi pelabuhan peti kemas Makassar. Kunjungan ini dalam rangka mengetahui aktivitas ekspor-impor dan persiapan tol laut di Makassar.

Di pelabuhan yang terletak di Jl. Nusantara itu, JK lebih banyak berdiskusi dengan Direktur Utama Pelindo IV, Doso Agung dan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Doso Agung sendiri nampak menjelaskan secara detail perkembangan pelabuhan Makassar melalui buku laporan yang disiapkannya.

Kepada wartawan, JK mengatakan bahwa pelabuhan Makassar ini nantinya akan menjadi pelabuhan penghubung untuk Kawasan Indonesia Timur. “Pelan-pelan kita benahi menjadi Hub Port. Ini juga bagian dari efisiensi terkait waktu dan biaya per unit kontainer,” jelasnya.

Ia juga menuturkan bahwa saat ini aktivitas pelabuhan di Makassar sudah mulai pesat, karena ekspor-impor sudah bisa langsung dari Makassar ke negara tujuan begitupun sebaliknya. “Kita ingin melihat pelabuhan ini dikembalikan ke fungsi awalnya dulu. Dimana saat itu Indonesia hanya empat yang disebut main port (pelabuhan utama) yaitu Belawan, Tanjung Priok, Tanjung Perak dan Makassar,” katanya.

Sementara itu, Doso Agung melaporkan kepada JK bahwa saat ini terjadi peningkatan ekspor dari pelabuhan peti kemas Makassar. “Ini terjadi sejak Desember 2015, ketika pelabuhan Makassar ini sudah bisa melayani langsung ekspor ke negara tujuan tanpa harus singgah di Jakarta,” ujarnya.

Doso mengakui bahwa para pengusaha kini memiliki animo yang cukup tinggi untuk melakukan ekspor komoditi. “Dari sini kita sudah ekspor hasil pertanian dan perikanan langsung ke beberapa negara di Asia dan Amerika,” terangnya.[Azhar]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 1 =