JK Harap PTIS Jaga Ideologi Islam Moderat

0
436

MediaKALLA.com – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) membuka Musyawarah Nasional XI Badan Kerja sama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS) di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Senin, 6 April 2015.

Dihadapan 500 peserta, JK berharap PTIS senantiasa menjaga ideologi Islam yang moderat. Jika ini bisa dilakukan potensi konflik seperti di negara lain tidak akan terjadi di Indonesia. “Menjaga ideologi yang moderat bukan hanya secara ilmu tapi juga melaksanakannya sesuai ketentuan Al-Qur’an dan Hadits,” pesannya.

PTIS kata JK, memegang peran penting dalam mempertahankan pendidikan keislaman di Indonesia. Pendidikan Islam mengajarkan bagaimana saling menghargai satu sama lain. Mereka yang tidak memahami arti toleransi akan mudah terpengaruh. Negara-negara Islam saat ini sedang mengalami ujian berat. “Lihat saja Pakistan, Afganistan, Irak, Iran, Yaman, Palestina Mesir, Libya, Suriah semua sedang alami konflik,” contohnya.

Lebih lanjut JK menuturkan bahwa Islam di Indonesia berbeda dengan negara lain. Islam¬†Indonesia sangat moderat. “Olehnya itu kita harus mempertahankannya dan senantiasa mengumandangkan Islam sebagai rahmatan lil alamin,” pintanya.

Ia juga menekankan agar PTIS mengambil peran dalam mendorong minat generasi muda untuk tetap melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. “Perguruan tinggi diharapkan memiliki andil dalam memberikan pendidikan yang berkualitas,” tekannya.

Agenda utama Munas BKS-PTIS adalah memilih ketua umum baru, sekaligus merumuskan kebijakan strategis BPTIS, dalam menyonsong pendidikan secara global, guna mewujudkan generasi berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × three =