JK Hadiri Raker Islah DDI

0
509

MediaKALLA.co.id – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menghadiri Silaturrahim dan Rapat Kerja Nasional Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI), Sabtu, 16 Januari 2016. Kegiatan ini dipusatkan di Asrama Haji, Sudiang, Makassar.

Silatnas dan Raker DDI yang bertema ‘Menata Masa Depan DDI dalam Semangat Kebersamaan’ kali ini terbilang spesial. Pasalnya akan membahas penyatuan kembali dualisme DDI yang pecah kurang lebih 13 tahun lamanya.

JK pun menjadi saksi islahnya kubu DDI Barru yang dipimpin AGH Dr Rusdy Ambo Dalle dan DDI Parepare yang dipimpin AGH Dr Faried Wadjedi. Hasil islah pun menunjuk Rusdy Ambo Dalle untuk menjadi Ketua Umum Pengurus Besar DDI.

Dalam sambutanya, Rusdy mengatakan bahwa kehadiran JK pada momen penting ini merupakan bentuk dukungan beliau secara pribadi maupun sebagai perwakilan pemerintah untuk melihat organisasi ini menyatu kembali. “Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami dan ke depannya kami akan bersama-sama membangun ummat melalui dakwah dan pendidikan,” janjinya.

Menurutnya, penyatuan dualisme DDI ini menjadi sebuah sejarah tersendiri. “Dulu banyak orang bilang sangat sulit menyatu kembali, namun hari ini hal itu tidak

terbukti,” ujar Rusdy.

Sementara itu JK berharap penyatuan ini menjadi momentum untuk mendorong peran aktif DDI dalam dakwah dan pendidikan. “DDI sebagai organisasi yang besar, punya tradisi dakwah dan keilmuan yang harus terus berkembang sesuai tuntunan zaman,” pesannya.

JK menuturkan lembaga pendidikan seperti DDI dan pesantren modal utamanya adalah kepercayaan dan keikhlasan masyarakat, bukanlah uang dan subsidi pemerintah. “Pesantren dimana-mana berbeda dengan sekolah umum, sekolah umum diatur dengan struktural oleh pemerintah oleh organisasi dengan dana pemerintah atau swasta, tapi DDI selalu dengan keikhlasan, baik pengurus maupun masyarakat,” tekannya.

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 700 peserta dari berbagai perwakilan daerah di seluruh Indonesia. Hadir dalam acara ini Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Ketua MUI Sulsel AGH Sanusi Baco, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Pendiri Bosowa Aksa Mahmud dan beberapa tokoh-tokoh ormas Islam lainnya.[Azhar]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − three =