Jantung Koroner Merupakan Penyebab Kematian Tertinggi

0
451

MediaKALLA.com – Penyakit jantung koroner perlu mendapat perhatian serius. Kenapa???, karena sampai saat ini penyakit ini masih merupakan penyebab kematian tertinggi. Hal tersebut diutarakan oleh dr. Bambang Budiono, Sp.JP, pada seminar kesehatan di Wisma Kalla, Rabu, 15 Oktober 2014.

Dokter ahli jantung dari Rumah Sakit Awal Bross Makassar ini mengatakan bahwa Jantung koroner diakibatkan oleh plak di arteri yang sangat berlebihan. Ini membuat saluran arteri menyempit sehingga tidak mampu untuk memasok darah dan oksigen ke jantung. ” Akibatnya aliran darah menjadi terhambat dan orang yang menderita tersebut telah terjangkit penyakit jantung koroner, ” ucapnya.

Bambang menuturkan bahwa penyebab penyakit jantung koroner ini diantaranya; kebiasaan merokok, terkena diabetes, obesitas, mengkonsumsi minuman beralkohol, kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi, faktor keturunan atau genetik sindrom metabolik, tekanan darah tinggi atau hipertensi, kelebihan lemak di bagian pinggang dan penyakit ginjal akut. ” Jantung koroner juga mengakibatkan rasa nyeri pada dada dan berujung serangan jantung, ” terangnya.

Jika tak ingin menderita jantung koroner, menurut Bambang , solusinya adalah mencegah melakukan kebiasaan-kebiasaan  penyebabnya. ” Jantung koroner dapat dicegah dengan mengenali faktor-faktor risi (yang dapat dimodifikasi) dan dihindari, ” tegasnya.

Penanggungjawab seminar, Muhammad Syauki menjelaskan bahwa seminar ini merupakan rangkaian kegiatan medical cek up dalam rangka HUT ke-62 Kalla Group. ” Ini bagian dari perhatian perusahaan bagi kesehatan dan edukasi kepada karyawan, ” ujarnya. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − three =