Jangan Salah Pilih Oli

0
600

MediaKALLA.Com – Oli yang bertugas sebagai pelumas mesin memang menjadi salah satu bahan yang paling diperlukan untuk produk mobil. Mobil yang anda kendarai akan terasa tidak nyaman dan lebih cepat rusak jika tidak memperhatikan kuantitas (jumlah oli dalam ruang mesin) dan kualitas/mutu oli pada mesin mobil. Kenyamanan berkendara akan terganggu karena kurangnya oli yang ada pada mesin.

Saat ini ada berbagai macam jenis oli yang beredar di pasaran. Oli yang sudah diolah dengan menambahan bahan – bahan yang baik untuk mesin menjadi hal yang sangat diperlukan oleh para pemilik mobil. Walaupun ada banyak produk yang beredar di pasaran kehati – hatian harus diutaamakan dalam memilih produk oli yang akan digunakan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih oli terbaik pada mobil.

·     Perhatikan spesifikasi kendaraan 

Sebelum menentukan jenis produk oli mana yang ingin digunakan, akan lebih baik jika mengenali spesifikasi mobil terlebih dahulu. Hal ini sangat penting agar oli yang dipilih bisa sesuai dan tidak merusak mesin. Dengan mengenali spesifikasi mesin kendaraan akan lebih mudah mendapatkan produk oli yang paling sesuai.
Untuk mengetahui spesifikasi mesin mobil dapat dilihat  pada buku manual kendaraan/owners manual yang selalu diikutkan saat membeli mobil tersebut. Setiap informasi yang ada pada buku manual dapat menjadi acuan untuk diketahui oleh pemilik dengan harapan dapat mengetahui jenis oli mana yang bisa membuat kinerja mesin menjadi semakin baik.

·     Perhatikan tingkat kekentalan

Oli yang baik biasanya akan memiliki kekentalan yang cukup. Ada beberapa tingkatan kekentalan yang ada pada produk oli yang beredar. Untuk mobil – mobil saat ini yang berlabel VVT, vvti, dan sebagainya biasanya akan lebih cocok menggunakan oli dengan tingkat kekentalan  SAE 10/40 atau 5/30.
Harus selalu berhati – hati dalam memilih kekentalan oli. Saat ini banyak pengusaha nakal yang memalsukan oli bekas dengan membuatnya terlihat seperti oli yang baru. Oli yang sudah dirubah ini dapat membuat kerusakan yang fatal pada mesin  mobil anda.

·     Oli synthetic untuk mobil berteknologi baru

Untuk mobil – mobil yang berteknologi masa kini dan modern, oli synthetic menjadi oli yang sangat disarankan. Mesin – mesin yang bertenaga tinggi seperti turbo, DOHC, supercharger dan yang lainnya memang membutuhkan oli yang bisa melapisi celah – celah antar logam yang lebih sempit.
Dengan menggunakan teknologi yang tinggi, para peneliti membuat oli synthetic agar bisa digunakan pada mesin bertenaga tinggi yang beredar saat ini. Oli synthetic ini akan bisa melindungi dan melapisi mesin dengan lebih sempurna dibandingkan dengan oli jenis lain.

·     Perhatikan kode kekentalan (SAE) dan (API SERVICE) kualitas

Kode SAE dan API SERVICE yang terdapat pada kemasan kaleng oli harus selalu diperhatikan. Kode SAE mengetahui tingkat kekentalan  dan API Service S (spark = mesin bensin) atau API Service C (compressi = mesin Diesel) untuk tingkat kuantitas dari setiap produk minyak pelumas mesin. Ada juga minyak pelumas yang diproduksi untuk penggunaan multi purphose dengan kode C/S tergantung tingkatannya artinya dapat dipergunakan untuk mesin Diesel dan mesin Bensin.

Tidak menjadi masalah jika ingin beralih ke merek oli lain dengan catatan ada jaminan tertentu dari pemberi rekomendasi. [Mustafa MPCR PT. Hadji Kalla]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven + fifteen =