Jangan Minder Jadi Alumni Kampus Daerah

0
343

MediaKALLA.co.id, Palopo – Agar sukses, buat kontrak kesepakatan dengan diri anda sendiri. Demikian salah satu kiat sukses yang disampaikan Kepala Cabang PT Hadji Kalla (Kalla Toyota) Palopo, Budiamin Muhammad Sineng. Hal tersebut disampaikan pada Kalla Group Goes to Campus yang dihelat di Auditorium Kampus II, Universitas Cokroaminoto (Uncok) Palopo, Selasa, 15 November 2016.

Budiamin menambahkan, kontrak yang dimaksudkan merupakan komitmen pribadi untuk menggapai sukses dalam suatu hal. “Kontrak sukses yang pertama adalah mengenai misi pribadi. Selanjutnya, misi tersebut di follow up dengan menganalisa kekuatan dan kelemahan diri,” ujarnya.

Tahap ini, lanjut Budiamin sangat penting sebab akan sangat berpengaruh pada pilihan karir. Jika salah menganalisa diri maka dampaknya akan salah pula dalam mengambil karir. Kemudian, kontrak sukses ini juga harus didukung dengan kesediaan untuk mencari ilmu pengetahuan dan keahlian yang harus di kuasai. Sampai pada tahap ini, mahasiswa yang ingin sukses harus berani melakukan perubahan yang harus dilakukan mulai sekarang. “Selain itu, prinsip sukses juga menjadi hal yang sangat penting. Sebab Setiap kali gagal, prinsip sukses ini akan menjadi pendorong untuk bangkit kembali,” tekannya.

Sementara itu, Pemateri kedua yang juga merupakan putra daerah Palopo, Fajar Harisanto berpesan agar sedini mungkin membangun kepercayaan diri, jangan minder. Meskipun kita berasal dari kampus daerah seperti kampus ini. “Saya pribadi, ketika mengikuti tes untuk menjadi management trainee di PT Bumi Lintas Tama, anak perusahaan Kalla Group yang bergerak di bidang transportasi laut, harus bersaing dengan sekian ratus peserta dari berbagai kampus terbaik di negeri ini,” katanya.
Fajar juga mengungkapkan bahwa salah satu kiat sukses menggapai impian adalah doa kedua orang tua. “Segala tahapan tes dapat saya lalui berkar kerja keras saya dan juga dukungan moral serta doa kedua orang tua saya,” terang alumni Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Palopo.

Salah satu alumni Universitas Cokroaminoto Palopo yang kini jadi karyawan PT Hadji Kalla Cabang Palopo, Fadlianty Yahya memaparkan penting mahasiswa untuk mempersiapkan mindset dan skill sejak dini agar bisa menembus dunia kerja, “Sukses menembus dunia kerja itu tidak melulu harus bekerja sesuai dengan disiplin ilmu. Saya pribadi background ilmu saya adalah Pendidikan Bahasa Indonesia, sangat berbeda dengan pekerjaan saya sekarang sebagai Marketing Staff di Hadji Kalla Palopo,” ucapnya.

Fadlianty mengatakan bahwa latar belakang ilmu kini sudah tidak terlalu dibutuhkan, yang terpenting adalah kemampuan kita dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan benar. “Mulailah mempelajarai hal-hal baru, sebagai antisipasi kemungkinan bekerja di luar disiplin ilmu yang kita geluti di bangku kuliah,” pesannya. [Ali Syahbana]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + eight =