Irvan K Dewanto, Chef Djuku. “Pernah Tidur Menggunakan Pakaian Dapur”

0
1404

Ketenaran restoran djuku yang berada di Wisma Kalla dan Trans Mall tidak lepas dari peran sosok chef yang meracik masakan, dan itu diperankan oleh Irvan K Dewanto. Nama Irvan sudah populer di kalangan pecinta kuliner di kota Makassar. Dia sudah hampir delapan tahun berada di Makassar. Sebelum di Djuku, Irvan pernah menjadi Chef di Hotel Sahid Jaya Makassar.

Ia mengaku tertarik di bidang ini saat mengambil pendidikan di Sekolah Tinggi Pariwisata tahun 1992. Irvan tertarik di dunia kuliner dikarenakan kecintaannya akan seni. Menurut dia, profesi chef itu akan memiliki jiwa seni yang sangat tinggi. “Saya memulai karier sebagai cook keaper di Hotel Hilton Bali setelah tamat kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Bali,” katanya.

Ayah dari tiga orang anak tersebut juga menceritakan kejadian unik semasa kuliahnya dulu. “Saat pertama kuliah saya berpikir bahwa sebagai mahasiswa akan menggunakan baju yang bebas, namun ternyata perkiraan saya salah. Saya mesti memakai uniform kitchen setiap harinya, mulai dari rumah kost hingga ke kampus. Jadi agak malu pertamanya namun karena keseringan akhirnya jadi terbiasa,” kenangnya.

Pengalamannya menjadi koki sudah lebih dari cukup. Selain di Indonesia dia juga pernah ikut di kapal pesiar ternama yaitu kapal pesiar Dream milik Carnival selama dua tahu. “Selama saya ikut di kapal pesiar ada banyak juga kejadian unik yang saya alami. Salah satunya pernah tidur di kabin kapal dengan menggunakan baju kitchen dan pernah juga tidak mandi selama dua hari karena hawa di laut sangat dingin,” kenangnya.

Tetapi mengapa chef didominasi kaum adam? Menurut dia, itu sudah biasa. Di luar negeri chef laki-laki itu merupakan hal biasa. “Sudah banyak acara televisi tentang chef, seperti master chef, iron chef, dan lain-lain. Ini merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia sudah menerapkan budaya masak-memasak itu bukan hanya miliki kaum hawa,” katanya. (MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.