Ini yang Anda Harus Pertimbangkan Sebelum Memilih Mobil LCGC

0
345

MediaKALLA.co.id – Kehadiran mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia sukses mendapat tanggapan positif dari masyarakat, hal ini terbukti dari angka penjualan yang relatif tinggi. Mobil segmen ini bisa menjadi pilihan untuk konsumen yang tidak ingin mengeluarkan budget besar untuk membeli sebuah mobil baru.

Tidak hanya itu, LCGC juga menjadi pilihan first car buyer (Pembeli Pemula) dikarenakan efisiensi yang ditawarkan, baik harga maupun bahan bakar. Meski begitu, tidaklah mudah untuk memilih sebuah LCGC. Sebab dengan harga yang bersaing, setiap mobil yang terjun di segmen ini juga menawarkan fitur dan desain yang menarik. Hal ini membuat konsumen kebingungan untuk memilih. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk memilih LCGC yang tepat

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat memilih LCGC adalah desainnya. Seperti yang diketahui, model yang ada di kategori ini mengusung konsep City Car dengan 4 pintu dan 2 baris bangku. Namun ada pula yang berwujud Low MPV yang memiliki bangku baris ketiga.
Desain eksterior masuk ke dalam daftar penilaian karena setiap orang pasti memiliki pandangan yang tidak sama untuk urusan desain. Oleh karena itu disarankan untuk mempertimbangkan hal ini sebelum berpindah ke poin lainnya. Selain itu pertimbangkan pula warna bodinya sebab hal ini mempengaruhi psikologi desain. Sebagai contoh, warna eksterior yang gelap akan membuat mobil terlihat kecil. Sedangkan warna terang akan membuatnya tampak seperti besar.

Toyota Agya bisa menjadi pilihan anda yang ingin memiliki LCGC yang terkesan Sporty dan modern. Hal tersebut di dukung oleh varian Agya TRD yang memberikan keleluasaan berekespresi dengan TRD Aerokit yang disematkan pada bagian front dan rear Agya.

Setelah menentukan desain yang sesuai, langkah selanjutnya adalah memeriksa dimensi kabin, termasuk volume bagasinya. Mengingat dimensi bodinya yang compact, maka Anda harus mempertimbangkan kriteria kabin yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Pengujian kabin lebih khusus pada aspek headroom, jarak antara kepala dengan langit-langit dan legroom, ruang gerak kaki saat duduk di bangku baris kedua. Alasan mengapa pengujian hanya terbatas pada bangku kedua karena LCGC belum memiliki fasilitas pengaturan bangku maju-mundur. Dengan begitu ruang kabin yang ditawarkan sudah permanen, tidak dapat diubah.

Untuk hal ini, bagi Anda yang membutuhkan mobilitas tinggi namun tetap mempertimbangkan kapasitas bagasi serta jarak headroom dan legroom yang lega, LCGC 2 baris seperti Toyota Agya sudah cukup untuk Anda. Sementara jika Anda membutuhkan daya tampung lebih untuk membawa keluarga, LCGC tiga baris seperti Toyota All New Calya bisa menjadi pilihan yang tepat.

Aspek lain yang tidak boleh dilupakan adalah performa mesin yang digunakan. Secara keseluruhan, model LCGC dibekali dengan mesin berbahan bakar bensin. Perbedaannya terletak pada kapasitas dan jumlah silindernya. Mesin 3 silinder dipilih untuk segmen ini lantaran dikenal efisien dalam hal konsumsi bahan bakar sesuai dengan target konsumen LCGC yang menginginkan efisiensi. Di samping itu, mesin ini bisa menghasilkan tenaga sejak putaran rpm rendah. Dan yang tak kalah penting adalah biaya perawatan yang terjangkau karena mengusung komponen yang lebih ringkas.

Transmisi juga menjadi faktor yang sangat penting untuk anda perhatikan, karena akan menunjang kenyamanan dan keselamatan anda dan keluarga selama menggunakan LCGC. Bagi anda yang masih mempertimbangkan untuk menggunakan transmisi manual atau automatic bisa mencoba varian yang menyediakan keduanya seperti Toyota Agya dan All New Calya.

Berikutnya, pertimbangkan layanan purna jual atau aftersales service. Termasuk dalam aspek ini adalah perawatan secara berkala, jaringan dealer dan rentang waktu garansi yang diberikan. Perawatan berkala LCGC berbeda satu sama lain, oleh karena itu pertimbangkan besaran estimasi pengeluaran yang harus dianggarkan untuk menjaga performa mobil dan jaringan bengkel yang tersebar. Jika bengkel ataupun dealer mobil LCGC pilihan anda jauh dari domisili anda, tentunya akan menguras budget lebih banyak.

Terakhir, Anda harus memilih LCGC yang memiliki layanan Sales Program yang mudah, dan variatif sehingga akan mempermudah anda untuk memiliki LCGC impian anda. Oleh karena itu, Toyota yang memiliki 298 outlet resmi di seluruh Indonesia bisa menjadi pilihan favorit anda yang ingin memiliki LCGC dengan design stylish, kabin dan bagasi yang lega, sales promo yang menarik, cocok untuk keluarga, performa mesin maksimal yang tetap hemat bahan bakar serta memiliki layanan purna jual yang terbaik dengan spare part yang lengkap. [Rilis/ Ariani Eka Syahfitri – Media Relation Kalla Toyota]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × one =