Ini Tujuh Kebiasaan Agar Kamu Termasuk Calon Orang Kaya

0
804

Mediakalla.co.id – Membincangkan soal kesuksesan dan hasil yang menguntungkan dari kesuksesan tersebut di usia 20-an sepertinya elum pantas. Karena tentu saat usia segitu Anda masih menimba ilmu atau baru saja merintis karir. Tapi, ada yang membedakan antara orang yang siap jadi orang kaya dan sukses dengan orang yang tidak siap. Perbedaan tersebut diawali dari berbagai kebiasaan yang secara tidak sadar dimiliki sejak Anda berusia 20-an. Mau tahu apa aja kebiasaan anak muda yang pasti membawa kamu pada status orang kaya nantinya?

1. Kebiasaan memberi

Seperti kata pepatah, “Tidak ada orang yang semakin miskin dengan banyak memberi”, karena apa yang kamu berikan suatu saat akan berbalik berlipat kali ganda ke diri Anda sendiri, asalkan kamu tulus melakukannya. Memberi tidak harus berupa materi. Jika Anda punya waktu, berikan waktu tersebut bagi orang lain, bisa orangtua, bisa juga kaum yang membutuhkan. Kalau kamu punya tenaga, atau bahkan sedikit uang, segera bangun kebiasaan menyisihkan dan menyempatkan karena memberi berarti melatih diri untuk hidup berlebih namun tidak pamrih.

2. Kebiasaan belajar hal baru

Pernahkah Anda menargetkan hal-hal baru untuk kamu pelajari? Hmm, begitu pula dengan para konglomerat dan filantropis terkaya di dunia macam Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Mental orang kaya dan sukses adalah mental yang tidak pernah puas. Mereka menyadari bahwa masih banyak hal yang belum mereka ketahui meski mereka sudah di atas angin. Karenanya, kerendahan hati mereka ditunjukkan lewat kemauan untuk belajar. Mark Zuckerberg bahkan menantang dirinya untuk membaca buku baru setiap bulan.

3. Kebiasaan suka membaca

Di era digital seperti ini, bakal sulit buat Anda untuk fokus dan membaca buku. Apalagi saat kegiatan menatap layar smartphone dan browsing sampai puas atau berlama-lama di media sosial buat stalking jadi jauh lebih menarik. Karena itu, Anda bisa mengalihkan kegiatan membaca dengan mengombinasikannya dengan kegiatan browsing lewat berita. Salah satu rahasia orang terkaya di dunia adalah selalu update dengan informasi dan kondisi  terkini dan bisa beradaptasi dengan tren terbaru karena nggak cuek sama hal-hal di sekitar, lho!

4. Kebiasaan tidak munafik dan cari muka

Anda pasti familiar dengan istilah yang sering digunakan buat menyebut orang yang tidak tulus? Sebutan fake atau yang dalam Bahasa Indonesia-nya ‘palsu’ ini bisa diasosiasikan dengan kebiasaan cari muka atau sikap munafik yang di depan tidak sama dengan di belakang. Kalau Anda masih suka mencari perhatian dan selalu ingin menyenangkan orang lain meski dalam hati Anda tidak merasa nyaman, segera stop kebiasaan itu. Belum ada kisah orang sukses yang tidak menentang arus dan meraih posisi yang sekarang dimiliki atas hasil menyenangkan orang lain.

Jadilah diri kamu apa adanya yang tulus, dan ingat, kalau kamu harus menyenangkan orang terlebih dahulu sebelum orang tersebut menerima kamu, maka orang tersebut hanya membuang waktu kamu saja.

5. Kebiasaan buat disiplin dengan waktu

Ada janji? Ada deadline yang harus dipenuhi? Tugas yang harus dikumpulkan? Jam bangun yang harus ditaati? Kebiasaan sehat yang mulai dibangun dan diusahakan setiap harinya? Kalau di usia semuda sekarang saja, Anda sudah mampu menyeimbangkan dan mengatur waktu sesuai porsi kegiatan masing-masing, berarti Anda sudah siapjadi orang kaya. Orang kaya yang memulai dari nol dengan rela hati mendisiplinkan dirinya, bersakit-sakit dengan segudang hal yang harus dikerjakan, terdesak waktu, namun berhasil diselesaikan.

Disiplin waktu juga bisa berarti Anda pandai memanfaatkan waktu. Untuk memilih mana yang terpenting untuk dilakukan, seperti saat kamu membaca berita dan langsung memilih topik yang menurut Anda paling penting. Disiplin adalah kunci kesuksesan, karena artinya fondasi yang kamu bangun bukan jenis fondasi yang mudah tergoyahkan.

6. Kebiasaan menjaga kesehatan

Semua kerja keras yang Anda lakukan tidak akan ada artinya. Kalau ujung-ujungnya Anda harus menderita dengan berbagai macam masalah kesehatan karena Anda tidak menjaga diri selagi muda. Anda tidak bisa beralasan kalau Anda tidak ada waktu, karena menjaga kesehatan adalah bentuk utama dari mencintai diri sendiri. Percuma saja kalau Anda sudah mampu mencapai puncak tapi harus berhenti karena sakit. Jadi, yuk mulai merutinkan jadwal olahraga dan makan makanan yang lebih sehat. Percayalah, waktu yang Anda sisihkan dan uang yang Anda keluarkan itu tidak terbuangpercuma.

7. Kebiasaan mendengarkan dan tidak sembarangan berbicara

Membiasakan diri untuk menjadi pendengar yang baik bagi orang lain akan memberikan Anda perspektif yang jauh berbeda dari ketika Anda yang lebih banyak berbicara. Ini juga akan meningkatkan kemampuan observasimu, yang akan membekali Anda untuk lebih menjadi pengamat dalam dunia yang Anda tekuni dan membantu membuat keputusan berdasarkan kepekaan Anda terhadap hal-hal yang ada di sekitar. Dua telinga kamu lebih banyak dari satu mulut bukan tanpa alasan, dan mulailah lebih banyak berinteraksi sebagai pendengar jika ingin sukses mencapai gaya hidup yang kamu inginkan.

Sudah melakukan sebagian kebiasaan yang disebutkan di atas? Kalau iya, selamat, Anda sudah ada di jalan yang benar menuju kesuksesan.[diubah dari idntimes.com]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.