Ini Trik Agar Mudah Menulis Ala Aan Mansyur

0
677

Mediakalla.co.id – Menulis adalah seni mengemas isi dan mengisi kemasan. Menulis tidak sekedar seni merangkai kata tetapi juga seni berpikir.

Demikian kalimat yang diucapkan Aan Mansyur penulis puisi dan prosa kenamaan Makassar. Selama empat hari di bulan Maret 2016, Aan menjadi pemateri dalam Employee Literacy Training yang diadakan PT Kalla Inti Karsa.

Meski terkesan berat, menurutnya menulis itu mudah. Hanya memang butuh kerja keras. “Kunci awalnya, tulislah sesuatu yang Anda ketahui atau yang Anda ingin ketahui,” sebutnya.

Menulis mudah jika terus dibiasakan. “Menulislah sampai kamu kehabisan kata-kata dan jangan sampai kehabisan kata-kata,” tekanya.

Untuk itu, lanjutnya agar mudah menulis harus menulis setiap hari. Buat tantangan untuk diri sendiri misalnya setiap hari menulis 100 kata hingga dua minggu. Dua minggu berikutnya naikkan targetnya menjadi 250 kata. “Naikkan terus targetnya, jika melanggar aturan ulangi dari awal lagi,” ungkapnya.

Di samping itu, seorang penulis harus rajin membaca. “Bacalah karya-karya penulis idolamu atau yang kau sukai alirannya,” sebutnya.

Dalam menulis, usahakan menggabungkan antara pengalaman pribadi dan informasi. “Informasi yang disampaikan harus penting, jika informasinya sudah umum usahakan menyampaikannya dengan perspektif berbeda,” sarannya.

Kegiatan ini dikuti 32 karyawan PT KIK dari berbagai divisi. Para peserta diminta untuk menulis keluhannya tentang Kota Makassar, kemudian tulisan itu diedit tiap setelah pertemuan berdasarkan materi yang didapatkan. [Azhar]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.