Ini Tiga Tahap Pembangunan Masjid Athirah

0
771

MediaKALLA.co.id – Ketua Panitia Pembangunan Masjid Athirah Hj. Wafiyah Malik dihadapan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memaparkan tahapan-tahapan pembanguan masjid tersebut. Masjid yang terletak di kompleks Pondok Pesantren Ummul Mukminin ‘Aisyiyah’, Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 17, Kel. Pai, Kec. Biringkanaya, Makassar dimulai pembangunannya sejak 1987.

Pembangunan tahap pertama dimulai saat pesantren masih dipimpin oleh Dra. Hj. Ramlah Azis. Pada saat itu baru 17 orang santri, lalu berkembang hingga 80 orang.

“Panitia pembangunan musholah kala itu dipimpin oleh keluarga Hj. Athirah, yang dikelola oleh Dr. Saman Kalla dan Hj. Ramlah Aksa,” kata Wafiyah.

Tahap kedua, tahun 1988-2001. Pada periode ini jumlah santri telah berkembang dari 200 hingga 600 orang santri. “Pesantren saat itu masih dipimpin KH. Malik Ibrahim, musholah diperbesar menjadi masjid, meski masih dengan bangunan semi permanen,” sebut Wafiyah.

Tahap Ketiga, lanjutnya, tahun 2001-sekarang. Santriwati pesantren ini pada masa tersebut semakin bertambah, dari 800 hingga 1.200 orang. Tahun 2004 lalu, Bapak SBY dan Jusuf Kalla sempat berkunjung meninjau pesantren tersebut. “Hingga akhirnya diresmikan pada hari ini, Sabtu, 16 Januari 2016 olehn Bapak JK ,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PW ‘Aisyiyah Sulsel Nurhayati Azis menuturkan bahwa pesantren dan masjid tersebut didirikan di atas tanah wakaf dari Ibu Hj. Athirah Kalla. Selain itu, sumbangsih yang sangat besar yang telah diberikan oleh beliau dan keluarga besarnya dalam proses pembangunan pesantren hingga saat ini. “Termasuk wakaf tanah pendirian Rusunawa,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Nurhayati, ‘Aisyiyah menganggap penting mengabadikan nama Hj. Athirah sebagai nama masjid pesantren tersebut. “Kami ingin agar generasi mendatang bisa selalu mengingat jasa dari Ibu Hj. Athirah. Kedermawanan, kesederhanaan, dan keikhlasan beliau patut menjadi teladan bagi kita semua,” tandas Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Ponpes Ummul Mukminin ini.[Azhar]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − fifteen =