Ini Pesan Wagub Sulsel Kepada Pengurus APPBI

0
574

MediaKALLA.co.id – Dewan Pengurus Daerah Asosiasi di Pengelola Pusat Belanja Indonesia (DPD APPBI) Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) dilantik oleh Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang. Pelantikan berlangsung di Saoraja Ballroom Wisma Kalla, Jumat, 20 Mei 2016.

APPBI Sulselbar diketuai Fadly Rifai Kasim yang merupakan Direktur Operasional PT Kalla Inti Karsa dengan sekretaris adalah Subhan Djaya yang menjabat Manager HR PT KIK. APPBI Sulselbar merupakan asosiasi non profit yang beranggotakan pengelola-pengelola pusat belanja di Sulselbar. Asosiasi ini juga merupakan wadah bagi para pengelola pusat belanja agar terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dan merupakan jembatan penghubung bagi pengelola pusat belanja dengan pemerintah dan pihak lainnya yang berkaitan dengan pusat belanja.

Agus Arifin Nu’Mang dalam sambutannya menekankan 5 hal yang mesti menjadi perhatian pengelola mal. Kelima hal tersebut adalah mushaloh, parkir, toilet, fasilitas untuk kaum disabilitas dan ruang produk hasil UMKM. “Sulsel ini mayoritas penduduknya adalah muslim, makanya semua mal harus menyiapkan musholah yang luas, nyaman dan mudah dijangkau,” tekannya.

Hal lain, lanjut Agus yakni soal parkir, mesti diperhatikan perbandingannya dengan luasan area mal selain itu harus dijaga keamananan kendaraan pengunjung. “Saya juga lihat dan masih sering menerima laporan soal toilet mal yang berbayar, ini harus diperhatikan, harus gratis,” pesannya.

Agus juga menghimbau agar pengelola memerhatikan kaum disabilitas dan menyiapkan jalan khusus dan kursi roda. “Penting juga adalah mesti disiapkan ruang bagi produk-produk UMKM,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Fadly Rifai Kasim mengatakan rata-rata mal yang menjadi anggota APPBI sudah memenuhi standar tersebut. “Cuma memang ada yang belum sepenuhnya memenuhi seperti musholah yang sempit dan sulik diakses serta penggunaan toilet yang berbayar. Kita akan segera membicarakan solusinya,” ujarnya.

Di awal terbentuknya APPBI Sulselbar baru 7 pusat perbelanjaan yang bergabung yakni; Mal Ratu Indah, Trans Studio Mall Makassar, Mall GTC Makassar, MTC Karebosi dan Karebosi Link, Makassar Town Squere dan Mall Panakukang. [Azhar]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.