Ini Pesan Mufidah Jusuf Kalla Kepada Guru PAUD

0
611

MediaKALLA.com – Fasilitas bukan menjadi kendala yang berarti, terpenting adalah kemauan guru-guru untuk mendidik dengan ikhlas dan penuh cinta.

Demikian yang disampaikan Mufidah Jusuf Kalla saat bertatap muka dengan 60 orang guru-guru PAUD dari berbagai daerah transmigrasi di Indonesia Timur, Kamis, 12 November 2015. Kegiatan yang dipusatkan di Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan, Pelatihan dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Balilatfo KDT) Sulawesi Selatan, Jl. Daeng Ramang, Makassar.

Pelatihan bertajuk Program Peningkatan Kualitas PAUD: Pelatihan Guru Pendidikan Holistik Berbasis Karakter merupakan proyek percobaan kerja sama KDT, Indonesia Heritage Foundation, Bank Mandiri dan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja. Penggagasnya adalah Ratna Megawangi Sofyan Djalil, pakar pendidikan dan pendiri Indonesia Heritage Foundation. Kegiatan ini dikuti 20 orang guru dari Maluku, 28 dari Sulsel, 6 orang dari Palu, 6 orang dari kendari ditambah 5 orang dari PAUD Sekolah Islam Athirah.

Mufidah menjelaskan bahwa guru-guru PAUD sering mengeluhkan tentang fasilitas. Padahal jika mereka bisa ikhlas mengajar dan kreatif dalam memanfaatkan bahan-baan yang disediakan oleh alam serta mampu menyampaikan materi secara baik dan dipahami anak didik tentu ini lebih bagus. “Soal fasilitas kami dan juga pemerintah sedang mengusahakan agar semuanya terpenuhi,” katanya.

Sri Lestari, guru PAUD dari Kabupaten Seram Barat, Maluku, saat diberi kesempatan mengungkapkan keluhannya menuturkan jika saat ini lebih membutuhkan fasilitas bahan ajar. “Anak-anak kami sangat bersemangat belajar, akan lebih bersemangat lagi jika disertai alat peraga yang mumpuni,” pintanya.

Ia mengaku sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini, banyak ilmu yang bisa diimplementasikan nantinya. “Terima kasih sudah diberi kesempatan untuk ikut program ini,” ucapnya. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.