Ini Pesan Anies Baswedan Kepada Guru Athirah

0
1115

MediaKALLA.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan bertandang ke Wisma Kalla, Ahad, 31 Januari 2016. Kedatangannya dalam rangka menghadiri penutupan Kongres II Ikatan Guru Indonesia (IGI). Sebelum menutup Kongres IGI, inisiator Gerakan Indonesia Mengajar menyempatkan diri untuk memberikan motivasi kepada ratusan guru dan pengurus Badan Musyawarah Jami’ah (BMJ) Sekolah Islam Athirah, di Lobi Wisma Kalla.

Alumnus Northern Illinois University USA ini berpesan bahwa sebagai guru tidak hanya menempatkan diri sebagai pengajar tetapi mesti menjadi pendidik dan orang tua siswa di sekolah. “Di samping itu ada 4 C yang Anda harus terapkan pada anak didik yakni Critical thinking, Creativity, Communication and Collaboration,” sebutnya.

Critical thingking dimaknainya sebagai mendidik anak untuk berpikir kritis terhadap sesuatu yang baru. “Sehingga mereka tidak mudah dirasuki oleh paham-paham ekstrim yang menyimpang,” ujarnya.

Creativity dimaksudkan memberi materi kepada anak didik dengan konsep sebatas memberikan contoh saja. “Biarkan anak berkreasi, jangan langsung ditegur jika salah, arahkan saja,” pesannya.

Sementara communication and colaboration adalah membiasakan anak didik untuk bekerja kelompok atau tim. Ini mendidik anak untuk tidak egois, interaksi satu sama lain terjalin dan memudahkan dalam menyelesaikan tugas. “Semua akan lebih cepat selesai jika dikerjakan secara bersama-sama,” tekannya.

Hal lain yang disampaikan Anies adalah menjadi guru hendaknya tulus dan ikhlas, jangan menjadi guru yang disegani karena galak. “Jadilah guru yang berintegritas dan menumbuhkan semangat optimisme kepada anak didik,” imbunya. [Azhar]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − nineteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.