Iman, Ilmu dan Amal

0
41

MediaKALLA.co.id – Ramadhan adalah bulan latihan meraih derajat takwa. Manusia bertakwa memiliki 3 hal yaitu iman, ilmu dan amal. Oleh karena itu mari gunakan momentum Ramadhan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas iman, ilmu dan amal kita dengan 3B yaitu beribadah, belajar dan berbagi.

Tingkatkan kualitas iman dengan melakukan ibadah wajib dan sunnah. Melaksanakan puasa sesuai tuntunan syariah yaitu tidak hanya meninggalkan makan, minum dan hal lain yang membatalkannya. Tapi juga menjaga mata, telinga, mulut, tangan dan kaki dari melakukan hal hal yang dilarang oleh Allah SWT. Bahkan menjaga pikiran dan hati dari hal hal negatif yang dapat mengurangi pahala puasa kita.

Lakukan amalan sunnah seperti shalat tarawih, tahajjud, dhuha, rawatib serta memperbanyak tadarus dan tadabur Al Qur’an. Cobalah membaca Al Qur’an 30 juz dan terjemahannya agar dapat hikmah yang terkandung di dalamnya. Semoga dengan amalan itu membuat hati kita jadi tenang karena senantiasa ingat atau zikir kepada Allah. Semoga dengan itu semua membuat kita merasa dekat kepada Allah dan merasakan kehadiran Allah dalam kehidupan sehari-hari. Dampaknya kita akan menjalani hidup dengan hati-hati.

Mari tingkatkan kualitas ilmu kita dengan belajar ilmu agama dan umum. Setiap malam ikuti ceramah tarawih. Setiap subuh ikuti kultum bada subuh dan setiap menjelang buka puasa ikuti kajian pengantar buka puasa di berbagai media. Cari kajian tentang islam di youtube dan media daring lainnya dari para ulama terpercaya. Baca artikel dan buku buku yang berkualitas. Bukan hoax. Semoga dengan itu semua ilmu tersebut menjadi hidayah bagi hati kita. Dampaknya kita menjadi mudah mengerjakan amal saleh berupa ibadah ritual dan sosial.

Mari tingkatkan kualitas amal kita dengan banyak berbagi. Jika Allah memberi kelebihan harta maka infakkanlah kepada yang membutuhkan. Biasanya di bulan Ramadhan banyak tawaran sumbangan paket berbuka puasa. Berpartisipasilah. Semoga dengan itu semua membangun rasa empati dan jiwa sosial dalam diri kita. Lebih penting lagi membangun rasa syukur kita kepada Allah. Kita jadi sadar bahwa masih banyak orang yang kurang beruntung. Sungguh Allah telah memberi nikmat yang banyak.

Semoga dengan beribadah, belajar dan berbagi maka iman, ilmu dan amal kita semakin baik. Hati kita semakin tenang. Jiwa kita semakin tenteram dan hidup kita semakin bahagia. Itu balasan di dunia dan insya Allah di akhirat Allah siapkan surga bagi mereka yang bertakwa. Selamat menunaikan ibadah puasa dan amaliyah ibadah lainnya di bulan Ramadhan. [Syamril]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty + seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.