HUT Ke 60, Yayasan Kalla Tanam 6000 Bibit Terumbu Karang

0
654

 

 

 

MediaKALLA.Com – Jelang ulang tahun Kalla Group yang ke 60, Yayasan Kallamelalui salah satu program utamanya yaitu Kalla Green Care mengadakan rehabilitasi terumbu karang di sekitar Pulau Samalona. Sekitar 6000 bibit (spesimen) karang akan ditanam pada kedalaman 6 m oleh 6 penyelam di 6 titik lokasi yang berbeda di Pulau Samalona bagian barat dan selatan, pada Sabtu, 29 September 2012.

Proses rehabilitasi akan dimulai dengan pemasangan struktur kubus dan plat yang nantinya akan ditanami bibit karang. Uniknya, salah satu model dari struktur yang akan digunakan akan merangkai tulisan “Kalla”. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Yayasan Kalla dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Makassar serta tim peneliti dari Universitas Hasanuddin.

Koordinator Kalla Green Care Yayasan Kalla, Asnawi Makkatutu, mengungkapkan bahwa dipilihnya Pulau Samalona karena letaknya yang tidak begitu jauh dari pesisir Makassar dan terdapat kerusakan yang cukup signifikan pada terumbu karangnya. ” Pulau Samalona yang jaraknya 7 Km dari Makassar. Hanya butuh 30 menit dengan menggunakan perahu tradisional ke lokasi ini, ” katanya.
Asnawi menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Kalla Group terhadap ekosistem laut khususnya terumbu karang yang merupakan rumah dan tempat berkembang biak bagi ikan-ikan. ” Tidak dapat dimungkiri ekosistem terumbu karang menampilkan pemandangan yang sangat indah, sehingga sering juga disebut oleh para wisatawan sebagai surga bawah laut, olehnya itu perlu tetap dijaga keberadaannya agar dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya, ” ucap Asnawi.

Sementara itu, Dr. Syafyudin Yusuf, M. Si mengatakan bahwa kerusakan terumbu katang di Makassar sudah sangat memprihatinkan, kurang lebih 400 Ha telah rusak bahkan telah hancur. ” Kepedulian Kalla Group terhadap rehabilitasi terumbu karang patut menjadi contoh, ” ujar dosen Kelautan Unhas ini.

Kamaruddin Dg Lallo, salah seorang warga sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan Kalla ini, dirinya berjanji akan bersama warga menjaga dan melindungi terumbu karang yang ditanam tersebut. ” Tugas kami selanjutnya adalah menjaga apa yang telah dilakukan hari ini, karena kedepannya manfaatnya akan kami rasakan juga, ” janjinya.

Kegiatan rehabilitasi ini juga dirangkaikan dengan kegiatan penyadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian terumbu karang kepada warga yang tinggal di Pulau Samalona oleh Dinas kelautan dan Perikanan Kota Makassar bekerjasama dengan peneliti kelautan Unhas dan Yayasan Kalla.Rehabilitasi terumbu karang Kalla Green Care Yayasan Kalla ini merupakan salah satu program CSR dari Kalla Group dalam bidang kepedulian terhadap pengembangan lingkungan hidup yang tentu saja akan memberi dampak positif terhadap perkembangan kualitas hidup kemanusiaan. Sesuai dengan motto 60 Tahun Kalla Group yaitu “ Maju Bersama Bangsa. “ [mk]

Galeri Foto. *Klik untuk memperbesar gambar
[nggallery id=81]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty + 6 =