Hotel Sahid Hemat Energi 859 kwh/tahun

0
690

MEdiaKALLA.com – Hasil ”Audit Energi di Sektor Bangunan” memperlihatkan bahwa Hotel Sahid Jaya Makassar mampu menghemat energi listrik 859.266/tahun. Audit ini merupakan Laporan Direktorat Jenderal Listrik Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi. Berdasarkan hasil analisa potensi penghematan energi di Ged. Hotel Sahid Makassar, besaran prosentase penghematan ditemukan sebesar 21,69% atau menghemat energi sebesar 859.266 kWh/tahun dengan penghematan biaya pertahun sebesar Rp. 84.589.632,-  

Adapun persentase penghematan diatas terdiri dari sektor sistem tata cahaya sebesar 3.88% dan tata udara 17.49%. Saat ini sumber energi utama yang digunakan di Hotel Sahid Makassar adalah energi listrik yang disuplai dari PLN dengan kontrak daya sebesar 1110 kVA. Total beban kelistrikan pada Ged. Hotel Sahid Makassar, ini mencapai 800 kW, yang artinya bahwa telah mencapai 72% pembebanan. Beban tersebut terbagi kedalam beberapa peralatan pengguna energi dengan porsi terbesar adalah dari peralatan AC yaitu sekitar 76%, diikuti beban penerangan sebesar 8%, dan Fasilitas hotel lainya 14%. Distribusi ini didapatkan berdasarkan data survey rekapitulasi beban yang ada dilingkungan Hotel Sahid Makassar.  

Melihat data tersebut, bisa disimpulkan bahwa Hotel bintang lima yang terletak di Jl Ratulangi tersebut turut serta dalam mendukung program penghematan energi yang dikampanyekan pemerintah.(*)

[Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.