Hikmah Thawaf

0
440

MediaKALLA.co.id – Hari ini sekitar jam 7 waktu Mekkah kami thawaf perpisahan. Sambil thawaf saya mencoba merenungi apa makna dari ritual ini.

Saat thawaf jika jarak dari kabah semakin dekat maka halangan semakin besar. Hambatan dan dorongan kiri kanan semakin keras. Kabah sebagai sentral bisa diibaratkan sebagai pusat kekuasaan. Semakin dekat dengan pusat kekuasaan maka hambatan dan tantangan semakin besar.

Menjalani thawaf dekat kabah meskipun lambat tetap akan jalan dan selamat jika tetap mengikuti aturan berputar melawan arah jarum jam. Jika bergerak searah jam maka resiko sangat besar. Selain menghalangi jamaah lain juga bisa mencelakakan diri sendiri.

Demikian pula dalam kehidupan. Semakin dekat pusat kekuasaan harus semakin hati-hati. Bahasa bugisnya macapa’. Jika ada pelanggaran maka dampaknya besar. Resikonya juga besar. Bukan cuma ke pribadi tapi juga ke.orang lain. Sekali jatuh maka sulit untuk bangun kembali.

Untuk itu bagi yang berada dekat pusat kekuasaan, berhati-hatilah. Kekuasaan itu amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Dunia ini sementara. Yakinlah bahwa ada kehidupan akhirat yang Allah janjikan surga bagi para pemimpin yang adil.[Syamril

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen + 17 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.