Hendarjat; Kunci Sukses Itu 15% Kemampuan Teknis, 85% Soft Skill

0
600

MediaKALLA.co.id – Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Harvard University, Amerika Serikat bahwa kesuksesan bekerja sebagian besarnya dimiliki oleh orang-orang yang punya soft skill yang bagus. Bukan oleh mereka yang punya pengetahuan dan keterampilan teknis. Demikian disampaikan oleh Hendarjat, Kepala Learning Centre and Asessment Kalla Group dalam kegiatan Seminar Pembekalan Dunia Kerja di Aula PNUP, Lantai 3, Jumat, 25 November 2016. Seminar ini merupakan kerjasama Yayasan Hadji Kalla dan Career Centre and Tracer Study (CCTS) Politeknik Negeri Ujung Pandang yang menjadi salah satu rangkaian wisuda D3 dan DIV PNUP 2016 ini .

Hendarjat menuturkan bahwa hanya sekitar 15% kesuksesan bekerja berasal dari kemampuan teknis dan pengetahuan sementara 85% berasal dari kemampuan soft skill. “Ini penelitian yang menarik untuk dicermati. Penelitian ini ingin menunjukkan bahwa penting bagi calon wisudawan dan wisudawati untuk membekali soft skill diri yang bagus selain memiliki kemampuan teknis dan pengetahuan yang sudah didapatkan selama ini dikampus,” jelasnya.

Soft skill ini mencakup kemampuan mendengar, menulis, menjalin komunikasi, mempresentasikan sesuatu, berbicara di depan umum, etika bekerja, memiliki motivasi yang kuat, kemampuan bekerjasama dalam tim, dan kepemimpinan. “Inilah beberapa soft skill yang harus dimiliki agar sukses berkarir,” urai pria yang akrab disapa Ajat ini.

Lebih jauh, pria asal Bandung itur menuturkan bahwa setelah lulus nanti, calon wisudawan dan wisudawati PNUP bisa memilih antara menjadi seorang karyawan (employee) atau menjadi seorang wirausaha (enterpreneur), “Dua pilihan ini tentu ada bedanya. Anda sebagai seseorang yang akan diwisuda tentu harus memilah milih pilihan yang sesuai dengan karakter Anda. ” pesan Ajat.

Sementara itu, narasumber lain, Syamril menuturkan bekerja sesungguhnya tidak hanya sekedar bekerja namun juga harus mendapatkan makna dari pekerjaan yang dilakoni, “Orang yang bekerja itu memiliki tiga tingkatan yakni mencari materi atau coin, mencari pengembangan diri atau point dan terakhir adalah mencari makna hidup. Bekerjalah untuk menyebarkan manfaat sehingga demikian semakin bermakna lah diri anda dalam pekerjaan tersebut. ” kata Koordinator Yayasan Hadji Kalla ini.

Salah satu alumni PNUP yang turut menjadi narasumber adalah Hendri Murdani. Alumni Teknik Mesin PNUP tahun 2006 yang saat ini bekerja sebagai Kepala Bagian Pembelian PT. Bumi Sarana Utama, salah satu anak perusahaan Kalla Group yang bergerak dibidang jual beli aspal ini menuturkan salah satu kunci sukses bekerja adalah perencanaan, “If you fail to plan, you plan to fail. Artinya sukses dalam bekerja itu memerlukan perencanaan yang matang. Bekerja cerdas itu salah satu cirinya adalah mengandalkan perencanaan. Selain itu, jangan suka menunda nunda pekerjaan. Jika bisa mengerjakannya lebih awal, mengapa harus menunda. ” pungkasnya.

Menutup seminar, Hendri berpesan agar calon wisudawan dan wisudawan PNUP sejak dini mempersiapkan diri agar sukses dalam dunia kerja, “Sewaktu kuliah seperti kalian, saya aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti UKM Bahasa sampai sampai saya menjadi perwakilan kampus dalam Debat Bahasa Tingkat Nasional di Jakarta. Namun, prestasi akademik, tetap saya jaga sehingga ketika saya mendaftar pekerjaan, saya bisa diterima dimana mana bahkan sampai pernah diterima bekerja di Korea” tutup Hendri. (Ali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.