Hasil Pertanian Mallari Siap Panen

0
440

MediaKALLA.com – Kegiatan holtikultura yang diprakarsai Yayasan Kalla di Desa Mallari, Kec. Awangpone, Kab. Bone kini sudah membuahkan hasil. Dua komoditi yang ditaman sejak Agustus lalu kini siap panen.

Penanggungjawab program, Rusli mengatakan bahwa direncanakan awal Oktober ini akan dilakukan panen perdana sawi dan bawang merah. ” Semua komuditi yang kita tanam tidak menggunakan pestisida, ” terangnya.

Rusli menjelaskan bahwa luasan tanaman bawang merah seluas 10 are sementara untuk sawi 5 are. ” Nantinya diperkirakan akan menghasilkan 700 kg bawang merah dan 150 kg sawi tiap panen, ” tambahnya.

Selain kedua komoditi tersebut rencananya akan ditanam pula sejumlah komoditi lain seperti melon, kubis, cabe dan tomat. ” Kita akan coba beberapa komoditi, kemudian kita lihat mana yang lebih cocok untuk dikembangkan, ” beber Rusli.

Kegiatan bercocok tanam di daerah tersebut dirintis oleh Yayasan Kalla guna mempengaruhi penduduk setempat agar melakukan aktifitas yang sama. Pasalnya di daerah tersebut banyak lahan tidur yang kurang dimanfaatkan. ” Nantinya kita akan memberikan pemahaman, penyuluhan dan mengajak warga sekitar untuk bercocok tanam juga, ” kata Syamril, salah seorang koordinator Yayasan Kalla. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × five =