Hariyadi; Jangan Takut Bersaing

0
414

MEdiaKALLA.com – Persaingan bisnis biasanya menjadi momok bagi pelaku usaha. Untuk memenangkan persaingaan biasanya ada yang menggunakan cara-cara tidak etis. Padahal, persaingan bisnis ini baik bagi perkembangan ekonomi Indonesia.

Demikian kata Hariyadi Kaimuddin saat menjadi keynote speaker ‘Workshop Makassar Kerenpreneur’ Sabtu, 11 April 2015 di Woodsy Gab. Chief Executive Officer PT Hadji Kalla (Kalla Toyota) mengatakan dalam menjalankan usaha, persaingan sudah menjadi salah satu tantangannya. Tidak bisa dihindari dan sulit mendapatkan cara untuk mengatasinya. “Artinya, persaingan ini harus dihadapi, tapi dengan cara-cara yang baik,” tekannya.

Menghadapi dan memenangkan persaingan ada caranya, dengan lebih banyak membaca dan berdiskusi dengan pengusaha yang sudah mapan. “Bisa juga dengan melakukan inovasi-inovasi produk dan cara memasarkan produk tersebut,” ujar Hariyadi.

Dirinya berharap persaingan usaha tidak dijadikan momok sehingga tidak berani berwirausaha. Persaingan justru sebaiknya dijadikan motivasi untuk berkompetisi. “Kalau anak-anak muda berani melakukan hal ini, bukan tidak mungkin target pertumbuhan ekonomi Indonesia 7% bisa tercapai dan itu disebabkan oleh anak muda,” terangnya.

Ketua IMA Chapter Sulsel ini berpesan agar anak muda sedini mungkin mulai berwirausaha. “Mulailah dari hal-hal kecil, jangan terlalu dikonsep, jalankan saja dulu dan lakukan evaluasi,” pintanya.  [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six + seven =