Forum Corporate Legal Kalla Group

0
825
We are the big family of Kalla Group
We are the big family of Kalla Group

MediaKALLA.Com – Sebagai upaya memberikan proteksi usaha perusahaan, Kalla group membentuk  Forum Corporate Legal.  Lembaga  yang dirintis para praktisi hukum yang bekerja disejumlah anak perusahaan Kalla Group ini secara resmi terbentuk pada hari Kamis, 3 Mei 2012 di Wisma kalla.

Adapun maksud dan tujuan dari pembentukan forum ini adalah :

  1. Menyediakan informasi data base aset-aset seluruh SBU perseroan Kalla Group, baik aset/benda bergerak maupun tidak bergerak secara kontinyu dan up to date dengan kelengkapan dokumen secara legal, serta melindungi segala aset dan kepentingan perseroan dari segi hukum.
  2. Menata kontrak-kontrak perseroan dan menatatertibkan akta-akta perseroan, perubahan-perubahan, dan risalah-risalah akta serta pengesahannya dari menkumham.
  3. Menyediakan segala kelengkapan isin-isin perseroan seluruh SBU, dan
  4. Memberikan advice hukum, counseling, workshop, training/pelatihan dari segi hukum seluruh SBU, serta mendampingi perseroan baik diluar maupun di depan pengadilan.

Forum Corporate Legal Kalla Group ini terbagi dari 3 Divisi yaitu : Divisi Management Asset (MA), Divisi Legal Commercial (LC), dan Divisi Litigasi (Ltg). Dengan penentuan tugas pokok sebagai berikut :

  1. Mengidentifikasi dan menginventarisasi  aset-aset seluruh SBU perseroan Kalla Group, meliputi seluruh aset tanah dan atau bangunan, kendaraan, mesin dan aset bergerak lainnya;
  2. Menata kontrak-kontrak perusahaan dengan pihak kedua, karyawan, penjualan/pengalihan, bank, kontraktor, dan supplier;
  3. Menatatertibkan akte-akte pendirian/anggaran dasar dan perubahan-perubahannya serta risalah rapat dan pengesahan kehakiman; (LC)
  4. Pengurusan dan penertiban segala ijin-ijin semua SBU perseroan Kalla Group (Sertifikat bukti hak, IMB, PBB, SIUP TDP, NPWP, KTP, dll); (LC)
  5. Memberikan advice hukum, counseling kepada seluruh perseroan Kalla Group (Non Litigasi); (Ltg)
  6. Penanganan perkara dan sengketa perseroan (Litigasi), mendampingi perseroan Kalla Group baik di depan maupun di luar pengadilan; (Ltg)
  7. Membuat/mengadakan workshop, training hukum yang berkaitan dengan legal korporasi, seperti : hukum ketenagakerjaan, hukum perlindungan konsumen, hukum persaingan usaha dan monopoli, hukum kontrak, dan hukum jaminan (MA, LC, LTg).

Direktur Pengawasan dan Kepatutan PT. Haka Sarana Investama Anshari S. Bakiddu selaku Ketua umum forum corporate legal Kalla Group menetapkan bahwa setelah  pembentukan struktur organisasi dan personil, pembagian personil pada masing-masing divisi dan skop area kerja, serta pengesahan SK oleh direksi, maka program langkah awal yang akan dilakukan oleh forum ini adalah dengan merumuskan dan menyepakati form data asset tanah, kemudian menghimbau kepada SBU untuk menginput data asset benda tidak bergerak sesuai dengan format yang telah disepakati.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai program dari forum ini dapat menghubungi saudara Ardi Nur Safar (PT. Haka Sarana Investama) melalui email di : bonchu_03@yahoo.com  atau saudari Haryani (PT. Haka Sarana Investama) : haryanilegal@yahoo.com. [mk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × four =