Fatimah Kalla; Kalla Group Menuju Power House

0
758

MediaKALLA.Com – Kalla Group akan menjadi sebuah power house. Hal ini menjadi mimpi segenap direksi, manajemen hingga karyawan. Bagaimana mewujudkannya??

Rhenald Kazali menyebutkan untuk menjadi sebuah power house, sebuah perusahaan harus memiliki tiga syarat yakni; berbentuk badan usaha, mengayomi puluhan hingga ratusan ribu orang dan berdampak besar bagi perekonomian. Di samping itu perusahaan tersebut juga harus memiliki DNA power house tersebut. DNA-nya adalah sebagai lokomotif ekonomi (memiliki kekuatan dominan, tampak secara kasat mata dan juga powerful). Iconic (perusahaan yang dikagumi dan menjadi ikon suatu bangsa).

Big Size (besar dalam segalanya baik jumlah karyawan, pendapatan, pajak dan keuntungan). Dampak (setiap langkahnya, baik maju maupun mundur, menimbulkan dampak yang sangat kuat bagi perekonomian bangsa).

Beberapa contoh perusahaan yang sudah menjadi power house diantaranya; Pertamina, Astra, Tri Putra dan Kalbe Farma. Presiden Direktur Kalla Group, Fatimah Kalla menyadari bahwa sampai saat ini Kalla Group baru sebatas rumah belum menjadi sebuah power house. ” Kita sebatas rumah, baru mau menuju Power House, ” tegasnya.

Olehnya itu, sedini mungkin menyiapkan generasi pelanjut di Kalla Group minimal hingga 100 tahun ke depan. ” Terus berkembang dan berdiri itu tidak mudah, makanya harus disiapkan dari sekarang pemimpin masa depannya, ” katanya. Disamping menyiapkan generasi pelanjut, diperlukan pula rencana strategik yang harus diimplementasikan, harus pula dikerjakan bersama-sama mulai dari direksi sampai karyawan.

Menjadi sebuah power house haruslah memiliki brand product yang memiliki kekuatan sebagai lokomotif ekonomi Indonesia. ”

Kita harus realistis dalam hal, sam realistisnya dalam merancang program. Dimulai dari program yang mencapai titik 10 tahun pertama, ” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya yang harus dipikirkan sekarang apakah kita mendorong perusahaan yang ada saat ini untuk terus berkembang atau dengan modal yang kita miliki, menciptakan perusahaan baru yang bisa berdampak besar secara nasional?.  ” Semangat kita saat ini adalah membesarkan perusahaan yang ada semaksimal kekuatan yang kita miliki. Modal besarnya adalah SDM, jadi SDM ini yang harus dikembangkan, selain modal infrasturktur dan lain-lain., ” paparnya.

Dengan modal itu, di tahun 2052 tepat di usia 100 tahun, Kalla Group sudah semestinya menjadi powerhouse.  [azhar]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.