Excellent Management

0
556

MediaKALLA.com – Organisasi yang excellent tentu dikelola dengan manajemen yang excellent. Apa itu manajemen yang excellent? Mengapa kita harus mengelola organisasi dengan manajemen yang excellent?

Dalam pandangan ajaran Islam, segala sesuatu harus dilakukan secara rapi, benar, tertib, dan teratur. Tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Allah SWT sangat mencintai perbuatan-perbuatan yang ter-’manage’ dengan baik sebagaimana firman-Nya dalam Al Qur’an :

”Sesungguhnya Allah sangat mencintai orang-orang yang berjuang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kukuh”

(Q.S. Ash-Shaff ” 4)  

Rasulullah SAW bersabda :

” Sesungguhnya Allah sangat mencintai orang yang jika melakukan sesuatu pekerjaan, dilakukan secara Itqan (tepat, terarah, jelas dan tuntas)”. (HR Thabrani)

” Allah SWT mewajibkan kepada kita untuk berlaku ihsan dalam segala sesuatu”

(HR Muslim)

Kata ihsan bermakna ’melakukan sesuatu secara maksimal dan optimal’. Oleh karena itu didahului dengan perencanaan, pemikiran dan penelitian sehingga terhindar  dari keragu-raguan dalam memutuskan dan mengerjakan sesuatu.

Ali bin Abi Thalib r.a. mengatakan :

 ” Kebenaran yang tidak terorganisasi dengan rapi, dapat dikalahkan oleh kebatilan yang diorganisasi dengan baik”

Untuk melaksanakan dan mewujudkan itu semua dalam suatu organisasi atau lembaga tentu dibutuhkan manajemen. Kelembagaan akan berjalan dengan baik jika dikelola dengan baik. Organisasi pun membutuhkan manajemen yang baik. Dengan organisasi yang rapi akan dicapai hasil yang lebih baik daripada yang dilakukan secara individual.

 Manajemen merupakan proses pengembangan kegiatan kerja sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Proses pengendalian kegiatan kelompok tersebut mencakup perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling) sebagai suatu proses untuk mencapai visi dan misi.

Inti proses manajemen yaitu membangun kerja sama tim. Untuk itu hal utama yang dibangun yaitu melahirkan komitmen keyakinan anggota tim sehingga melakukan sesuatu sesuai dengan kesepakatan. Untuk menjalankannya dibutuhkan kemampuan mengatur segala sesuatu agar dilakukan dengan baik, tepat dan tuntas.

Proses manajemen merupakan tahapan-tahapan yang mesti dilewati bila tujuan hendak dicapai. Secara umum proses manajemen  dikelompokkan menjadi :

  1. penetapan  tujuan (goal setting);
  2. perencanaan (planning);
  3. pengorganisasian (organizing);
  4. pelaksanaan (executing) ;
  5. pengendalian (controlling).

Jika digambarkan sebagai berikut :

3

Rangkaian proses manajemen ini merupakan proses yang bersifat dinamis.  Dengan kata lain, proses tersebut tidak dapat dilihat sebagai suatu tahapan-tahapan yang berdiri sendiri melainkan sebagai proses yang berkait yang memungkinkan adanya pengulangan kembali suatu tahapan proses yang telah dilakukan sebelumnya, terutama dalam kaitannya dengan hubungan antara perencanaan dan pengendalian. Intinya seluruh proses manajemen diharapkan dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien melalui kerja sama seluruh anggota tim.

Berdasarkan pengalaman lapangan, bagian yang sulit yaitu pada pelaksanaan dan pengendalian. Pelaksanaan membutuhkan kemampuan memotivasi anggota tim melalui komunikasi yang efektif dan empatik. Permasalahan yang dihadapi yaitu technical dan non technical problem. Technical problem membutuhkan technical skill dari manajer yang menciptakan rasa yakin dan percaya dari anggota tim. Non technical problem membutuhkan social skill yang melahirkan respect dan peduli dari anggota tim. Pada bagian ini manajemen bukan semata ilmu tapi juga seni mengelola manusia dalam organisasi.

[author image=”http://www.mediakalla.com/wp-content/uploads/2013/05/Syamril1.jpg” ]Syamril : Koordinator Kalla Educare Yayasan Kalla | Human Capital Division Kalla Group – Ramadhan 1434 H[/author]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.