Dua Kunci Pemimpin yang Hebat

0
583

MediaKALLA.com – Ada dua kunci pemimpin yang hebat, yakni memiliki hikmah dan ilmu. Hal tersebut diungkapkan oleh Mursyid Jam’iyah Khalwatiyah Syekh Yusuf al-Makassari, Syekh Sayyid A Rahim Assegaf Puang Makka saat menjadi pembicara di hadapan ratusan ustadz dari Lembaga Dakwah Al Islah Makassar. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk seminar ini berlangsung pada, Ahad, 8 Juni 2014 di Baruga Angin Mamiri.

Menurutnya Ilmu dan hikmah adalah dua hal yang wajib dimiliki oleh setiap pemimpin agar setiap mengambil keputusan selalu memberikan hasil yang terbaik sehingga dapat memuaskan segala pihak. Hal ini sangat diperlukan karena mengingat latar belakang pendidikan masyarakat yang berbeda-beda. ” Oleh karena itu untuk menghadapi mereka, maka diperlukan ilmu dan hikmah agar masyarakat yang cerdas tidak terkesan digurui, sedangkan masyarakat yang kurang cerdas terus menerus mendapat bimbingan, ” katanya.

Ia menambahkan melalui bekal ilmu dan hikmah ini maka dapat diprediksikan bahwa kedudukan seorang pemimpin tidak hanya sekadar mampu mengatur jalannya pemerintahan, akan tetapi dapat juga berfungsi sebagai guru bangsa. Tipe-tipe pemimpin yang seperti inilah yang selalu menjadi ingatan di masyarakat karena buah pikirannya selalu dijadikan motto dalam kehidupan. ” Dengan demikian, pemimpin yang memiliki ilmu dan hikmah ini secara otomatis akan memiliki jangkauan yang luas ke depan bukan kebijakan yang sifatnya tambal sulam. Manfaat dari kebijakan-kebijakan yang dikeluarkannya tidak hanya dirasakan oleh generasi yang ada pada masa yang bersangkutan, akan tetapi dirasakan juga oleh generasi sesudahnya, ” jelasnya.

Dalam seminar yang mengagkat tema ‘Leadership dalam Pandangan Islam’ Syekh Sayyid A Rahim Assegaf Puang Makka meminta kepada para ustadz kiranya dalam membawakan ceramah di bulan Ramadhan nanti lebih banyak menekankan pada tema kepemimpinan. ” Jika soal,manfaat Ramadhan dan amaliah-amaliahnya itu sudah sering dibahas, lebih penting membahas sola kepemimpinan apalagi mendekati momentum pilpres, ” pintanya. [Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − sixteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.