Di Bone, JK Kunjungi Masjid Tempatnya Mengaji

0
462

MediaKALLA.com – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bersama Mufidah Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Sabtu, 6 Juni 2015. Sebelum ke Bone, JK lebih dulu melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Dari Sengkang, JK bersama rombongan naik helikopter menuju Bone.

Setibanya di Bone, Agenda pertama JK yakni mengunjungi Masji Raya Bukaka Watanpone di Jalan Bukaka. Masjid ini merupakan masjid tertua di Bone. Masjid ini dibangun di era raja terakhir Kerajaan Bone, La Mappanyukki Sultan Ibrahim MatinroE ri Gowa, pada sekitar tahun 1944, seluas 7063 meter persegi.

Di Masjid inilah JK semasa kecilnya belajar mengaji. “Saya dulu mengaji disini, ubin-ubinya masih yang ini juga, saya masih ingat,” kenangnya.

Di tempat tesebut, JK mendengarkan pemaparan dari tim yang akan merenovasi masjid. Rencananya bangunan akan direnovasi, dengan memperkokoh bangunan inti masjid, dan menambahkan bangunan-bangunan baru disekitarnya untuk mendukung kegiatan keagamaan.

Pada kesempatan tersebut, JK meminta masyarakat memakmurkan masjid dan menjadikan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah namun juga sebagai tempat pendidikan. “Kegiatan-kegiatan pendidikan, ekonomi, musyawarah bisa dilakukan di lingkungan masjid,” katanya.

Sementara itu, Arsitek masjid, Mursyid Musfata, memaparkan bahwa konsep pemugaran masjid adalah bangunan hemat energi dengan pengaturan suhu dan pencahayaan yang alami. Tata ruang akan mengadopsi konsep hijau dan bangunan dengan pemeliharaan yang rendah. “Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 20 miliar dengan tiga tahap pembangunan dan direncanakan rampung 2017,” jelasnya.

Pengembangan dilakukan dengan tidak mengubah konsep aslinya. Mencontoh Masjid Nabawi di Madinah. Kubah hijau dipertahankan, dibungkus dengan pengembangan masjid besar. Pendekatan pembangunan akan tetap mempertimbangkan bangunan lama yg tidak akan dibongkar.

Tampak hadir mendampingi JK, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangidan sejumlah pejabat lainnya. JK bersama rombongan melakukan Shalat Asar berjamaah sebelum melanjutkan agenda selanjutnya. (*)[Azhar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − 4 =