Demokrasi Adalah Cara Mencapai Kemakmuran, Bukan Sebagai Tujuan?

0
691

MediaKALLA.com – Demokrasi bukan tujuan negara, khususnya Indonesia. Demokrasi adalah cara mencapai tujuan. Tujuan negara ini tetaplah kemakmuran, kesejahteraan dan keadilan di negeri ini.

Hal itu ditegaskan Jusuf Kalla (JK) dalam Dialog dan Debat Materi Deklarasi Politik Suara Iluni UI bertemakan Jati Diri Bangsa dan Negeri Menghadapi Perubahan Nasional 2014, Jumat, 28 Maret 2014. JK mengatakan bahwa buat apa kita meributkan bagaimana memilih pemimpin tapi pada akhirnya negara tetap tidak sejahtera.

“Demokrasi adalah cara. Tujuannya tetap kemakmuran kesejahteraan negara ini,” ujar Wakil Presiden RI ke-10 itu.

Menurutnya demokrasi pun juga menunjukkan kegagalan-kegagalan. Salah satunya di Amerika dimana krisis ekonomi melanda negara itu karena ekonomi yang terlalu terbuka.

“Negara seperti Amerika pun mengalami kegagalan. Akibatnya krisis ekonomi akibat ekonomi yang terlalu dibuka,” ujar JK.

JK kemudian menceritakan bahwa demokrasi pun gagal di ‘copy paste’ kan di beberapa negara. Contohnya, Amerika pun gagal membuat demokrasi berdiri di Iraq dan Afganistan.

“Demokrasi pun gagal di beberapa negara lain. Seperti (demokrasi yang tidak berjalan baik) di Iraq dan Afganistan yang diusahakan Amerika,” kata JK.

Maka dari itu, pesan JK, demokrasi harus dipahami hanya salah satu cara mencapai tujuan. Sebab, demokrasi sering melahirkan pemimpin yang terbaik, tetapi mereka yang mau bersaing.

“Lihat pilkada. Kadang pemilihan rektor di UI pun seperti pilkada,” kata JK disambut tawa ratusan peserta, “dengan demokrasi seringkali akhinya memilih yang bersaing tapi bukan yang terbaik.”

“Tidak semua yang baik itu (dihasilkan dengan) voting,” pesan JK.
Hadir pula sebagai peserta dialog dalam acara tersebut Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Ketua DPR RI Marzuki Ali, Ketua DPD RI Irman Gusman, Mantan Kasad Ryamizard Ryacudu, dan Mantan Ketua MK Mahfud MD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.