Cegah Kerusakan Lingkungan, Kalla Toyota Gelar Pelatihan K3LH

0
651

Mediakalla.co.id – Guna mencegah kerusakan lingkungan di sekitar bengkel, PT Hadji Kalla (Kalla Toyota) mengadakan Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH). Kegiatan yang diikuti 44 karyawan Kalla Toyota dari berbagai cabang dilaksanakan pada Jumat, 15 April 2016 di Training Center Kalla Toyota Cabang Cokrominoto.

Penanggungjawab kegiatan, Nurfaisah Arsal menjelaskan bahwa bengkel merupakan tempat di mana segala macam aktivitas dilakukan seperti perbaikan dan perawatan kendaraan. “Hal ini menyebabkan bengkel menjadi tempat yang memiliki potensi bahaya kecelakaan yang tinggi dan memiliki tingkat resiko pencemaran lingkungan yang tinggi,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Nurfaisah dibutuhkan pelatihan K3LH untuk memberikan pemahaman mengenai Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). “Kita ingin peserta memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga keselamatan dan kesehatan kerja serta cara pengolahan limbah khususnya di area bengkel,” katanya.

Lebih lauh Nurfaisah menuturkan bahwa diharapkan setelah mengikuti pelatihan tersebut para peserta sudah memahami metode identifikasi dan pengkajian resiko bahaya K3, mengetahui cara pengolahan limbah cair, limbah padat dan limbah K3. “Terpenting adalah mereka memiliki kesaaran untuk menjaga lingkungan kerja bersih dan rapi,” pungkasnya.

Devi Dyahpradipta salah seorang peserta mengakui mendapatkan banyak pencerahan soal menjaga kelestarian lingkungan setelah mengikuti pelatihan tersebut. “Banyak hal yang saya pelajari terutama soal mengidentifikasi, memperkirakan, mengevaluasi dan mitigasi dampak lingkungan,” sebutnya. [Azhar]

Follow Us
==============
Facebook; Media KALLA
Twitter; @MediaKALLA
Youtube; Media Kalla Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.