Buku Tak Pernah Penat Mengajari

0
504

MediaKALLA.com – Wakil Presiden RI (2004-2009) Jusuf Kalla sangat meyakini kemajuan bangsa ini bertumpu pada ilmu pengetahuan, teknologi, dan wawasan yang luas di berbagai bidang. Untuk mencapai semua itu, kata JK, harus ada pendidikan yang baik untuk generasi muda Indonesia.

Kemajuan di bidang teknologi hanya aka didapat dengan mempelajari ilmu pengetahuan baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Pembelajaran yang terpenting bisa dimulai dari diri sendiri dengan membaca banyak buku referensi.

Oleh karena itu, JK mengatakan sangat penting terdapat banyak perpustakaan di negeri ini sebagai wahana para siswa meningkatkan pengetahuan dari berbagai macam rujukan. Menurut JK, dengan adanya perpustakaan berarti semakin luas kesempatan untuk mempelajari masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang.

“Masa lalu berarti kita mempelajari sejarah dan pengalaman. Masa kini kita membicarakan apa yang menjadi pokok masalah sekarang, dan masa akan datang adalah ilmu pengetahuan yang berorientasi pada masa yang akan datang. Jelas betapa penting perpustakaan untuk kita semua.”

JK mencontohkan, membaca buku sangat penting selain menambah ilmu, juga menambah keterampilan yang dapat menghasilkan nilai ekonomi dari sebuah profesi.

“Kita bisa melihat juga juga para ahli seminar yang mempunyai argumentasi kuat, mereka pasti banyak membaca, modalnya adalah buku,” tandasnya pada pembukaan layanan perpustakaan elektronik keliling (Pusteling) di Gedung Perpustakaan Nasional saat masih menjabat sebagai Wapres RI.

JK juga mengingatkan harus ada perawatan perpustakaan sebagai pusat mebaca buku yang efektif. Baginya, buku adalah guru yang tak pernah penat mengajari dan tidak pernah protes dijadikan bahan belajar.

“Sekali lagi, modalnya adalah buku. Buku adalah guru yang tidak pernah penat dan tidak pernah protes, maka jangan biarkan perpustakaan berdebu,” pungkasnya.

sumber; jusufkalla.info

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.