Boss Or Leader

0
1516

MediaKALLA.com – “Bos pasti berlalu, leader dikenang sepanjang waktu” 

Ungkapan di atas menggambarkan jika seorang atasan memposisikan diri sebagai bos, maka dia tidak dapat menjadi leader yang dikenang sepanjang waktu. Dia akan dilupakan seiring perjalanan waktu. Dia akan dilupakan seiring dengan habisnya masa jabatannya. Namun, di hati para anggota timnya dia tidak meninggalkan kenangan yang manis. Lebih parah lagi jika atasan yang sangat bossy justru saat dia berhenti atau selesai masa jabatannya, para anggota timnya bersyukur.

Kalau begitu apa perbedaan antara boss dan leader?

Pada pelatihan effective leadership dibahas tentang Performance Coaching. Inti materi ini bagaimana seorang atasan dapat menjadi coach bagi anggota timnya. Saat dia telah dapat memerankan posisi sebagai coach yang baik maka dia dapat menjadi leader yang baik. Gambar di bawah ini menunjukkan perbedaan boss dengan coach yaitu :

 

 

 

 

 

 

 

Pada sisi komunikasi seorang coach akan banyak mendengar, bertanya dan mengeksplorasi, bukan banyak omong, memberitahu dan beranggapan. Posisi coach yang mengembangkan timnya perlu memahami dengan baik permasalahan mereka. Untuk itu perlu banyak menggali masalah. Setelah dia dapat paham dengan baik, maka coach memberi solusi dan bimbingan, saat itulah baru dia berbicara untuk memberitahu solusinya.

Pada aspek relasi, seorang coach menginginkan komitmen, bukan kendali. Dengan demikian tugas kepada tim bukan perintah tetapi tantangan. Tugas yang dijalankan pun merupakan tanggung jawab bersama. Maka coach bekerja dengan orang lain, bukan atas orang lain. Posisi tim sebagai mitra kerja bukan bawahan yang selalu diperintah. Sehingga antara coach dan timnya terjalin hubungan yang harmonis karena coach tidak menjaga jarak dengan timnya.

Jika seorang atasan dapat memerankan fungsi coach di atas maka wajar saja dia akan menjadi leader yang dikenang sepanjang waktu. Mana yang selama ini banyak Anda perankan? Sebagai Boss atau Coach? Silakan mengevaluasi diri masing-masing. [mk]

Syamril

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.