Bijaklah Menyikapi Sosiopat di Lingkungan Kerja Anda

0
569

MediaKALLA.Com – Sosiopat adalah orang yang sering menjatuhkan dan mengadu domba orang lain melalui cerita bohong dan manipulatif demi kepentingan pribadinya.

Setelah itu, dia lalu mencitrakan bahwa dirinyalah yang paling baik (narsis) dibandingkan orang yang dijatuhkannya. Dia merasa dialah sosok yang paling ideal. Narsis itu dilakukannya untuk tujuan pribadi: mendapat jabatan, mendapat pujian, dan lainnya.

Dan kemudian, ketika cerita bohong dan manipulatifnya terungkap, dia santai-santai saja seolah tidak terjadi apa-apa, tidak minta maaf kepada orang yang dijatuhkannya, bahkan terkesan tidak peduli, tidak menyesal, dan tidak merasa bersalah sama sekali.

Sederhananya, sosiopat itu antisosial, tidak bermoral, dan tidak memiliki rasa empati kepada orang lain.

Hasil penelitian University of Tennessee Knoxville menyebut: sosiopat tidak memiliki rasa tanggung jawab moral dan hati nurani secara sosial.

Sosiopat sering menciptakan skema untuk memanipulasi orang. Mereka tidak pernah memperhatikan konsekuensi yang dapat menimbulkan kerugian orang lain. Ini merupakan salah satu reaksi dari sikap dinginnya yang menggambarkan kurangnya moral.

Yang terpenting bagi mereka adalah mewujudkan keinginan sendiri, meski harus merugikan orang lain. Biasanya, mereka adalah orang-orang yang penuh kebohongan, antisosial, munafik, dan narsis.

Strategi awal yang umum dilakukan sosiopat adalah Melakukan pendekatan (menjilat) sama bos. Pada saat dia sudah dipercaya sama bos, dia pun dengan bebas menjatuhkan orang lain dan mencitrakan dirinya.

Kalau sosiopat ada di lingkungan kerja Anda, waspadalah dan bijaklah dalam menyikapinya! Karena sosiopat akan membuat Anda tidak nyaman dan tenang dalam bekerja, namun solusi yang terbaik menghadapinya adalah teruslah berkarya mencari nama mencari muka ke Sang Pemiliki Kehidupan, bukan ke makhluk yang diciptakan-Nya. (*)

[author ]Facrul Khairuddin | Internal Audit Kalla Group PT. Haka Sarana Investama[/author]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.